Untuk menikmati secangkir kopi terbaik di rumah, pastikan kopi Anda selalu segar. Kopi itu mudah rusak. Biji kopi mulai kehilangan kesegarannya, setelah di roasting atau di sangrai. Karena kopi yang sudah kehilangan kesegaran, sehingga rasa dan aroma alaminya berkurang. Jadi, semakin cepat roasted bean digunakan, maka akan semakin baik kualitas kopinya. Apabila diisimpan dengan benar, sekitar sebulan lamanya setelah di roasting roasted bean atau biji kopi akan tetap pada kualitasnya. Sedangkan kopi bubuk bertahan pada kualitasnya selama satu sampai dua minggu setelah disangrai. Mengapa beda?, karena kopi bubuk memiliki luas permukaan yang jauh lebih banyak daripada biji kopi. Itu artinya kopi bubuk akan lebih rentan terhadap empat musuh kopi segar: udara, kelembaban, panas, dan cahaya.

Salah satu cara untuk memastikan agar anda tetap minum kopi segar, tentu saja anda harus membeli biji kopi hijau yang tidak tercemar dan me-roasting sendiri. Green bean atau biji kopi yang tak terkendali akan tetap segar selama setahun. Tetapi memang membutuhkan waktu dan tenaga agar anda bisa menikmati kopi segar karena anda harus me-roasting, menggiling dan menyeduh sendiri.

Jadi, jika berasumsi bahwa ketika anda tidak me-roasting biji kopi sendiri, lalu bagaimana bisa anda memberikan diri anda secangkir kopi segar?:

Beli Roasted Bean secukupnya
Beli kopi atau roasted bean segar yang telah dikemas untuk kesegaran optimal setelah disangrai. Kemasan tertutup katup biasanya menjaga kesegaran lebih baik daripada jenis kemasan lainnya. Biji kopi melepaskan karbon dioksida sampai seminggu setelah disangrai. Kopi roasted bean baru bisa dikemas dalam kemasan tertutup katup tanpa penuaan, langsung setelah disangrai. Katup satu arah memungkinkan karbon dioksida untuk melepaskan diri namun tidak membiarkan oksigen masuk.
Selalu beli kopi dalam jumlah yang di sesuaikan dengan yang akan anda minum, sampai batas sebelum kesegarannya hilang. Jika Anda membeli kopi green bean, cukup beli dalam jumlah yang akan anda gunakan dalam sebulan. Kemudian menggiling roasted bean coffee sebanyak yang anda butuhkan, sesaat sebelum menyeduh kopi. Jika anda membeli kopi bubuk, maka cukup membeli untuk porsi selama satu atau dua minggu anda minum kopi.

Simpan kopi dari udara, kelembaban, panas, dan cahaya
Bagaimana cara menyimpan kopi agar tetap segar?, Kuncinya adalah menyimpan kopi – green bean coffee atau roasted bean coffee – jauhkan dari empat agen kemerosotan: udara, kelembaban, panas, dan cahaya yang berlebihan.

Berikut adalah tips agar Kopi anda tetap terjaga kesegarannya:

  • Jauhkan udara
    Setelah Anda membuka paket kopi, jangan tinggalkan dalam paket. Sebagai gantinya, simpan dalam wadah kedap udara. Minimalkan ruang udara dalam wadah sebanyak mungkin.
  • Hindari kelembaban
    Kopi harus disimpan di tempat yang kering. Kelembaban yang berlebihan akan mempercepat proses kemunduran. Kopi yang telah terpapar terlalu banyak kelembaban bisa menimbulkan rasa dan aroma asam atau “off”.Untuk alasan ini, bukan ide bagus untuk menyimpan kopi di lemari es atau kulkas. Kondensasi bisa terjadi saat pintu dibuka dan ditutup. Anda mungkin tidak mengalami masalah kelembaban jika anda menyimpan sejumlah kecil kopi di dalam freezer dalam wadah kedap udara. Tapi penyimpanan freezer tidak memperpanjang penyimpanan artinya hanya bisa satu kali penyimpanan saja. Maka setelah anda mengambil kopi dari freezer, jangan meletakkannya kembali. Siklus pembekuan yang membekukan dijamin untuk mengenalkan kelembaban pada kopi.
  • Jauhkan kopi dari panas sampai Anda menyeduhnya
    Meski Anda tidak ingin menyimpan kopi Anda di freezer atau kulkas, Anda memang ingin tetap tenang. Terlalu banyak panas juga akan mempercepat perincian rasa kopi. Jika Anda menyimpan kopi di lemari dapur atau di meja dapur, pastikan tidak dekat kompor atau oven. Demikian juga, hindari lokasi cerah seperti rak di dekat jendela. Waktu untuk menambahkan panas adalah saat Anda menyeduh kopi – bukan sebelumnya.
  • Hindari dari Cahaya, karena kopi menyukai kegelapan
    Biji kopi terlihat indah di dalam tabung gelas. Menampilkan beberapa roasted bean coffee yang berbeda dengan nuansa warna yang berbeda sangat menarik.Sayangnya, cahaya juga merupakan musuh kopi segar. Jadi wadah kaca bukan pilihan penyimpanan kopi yang bagus, kecuali jika anda menyimpan tabung-tabung itu dari pandangan di lemari pantry atau di tempat lain jauh dari cahaya. Opaque containers adalah solusi untuk alat penyimpanan yang jauh lebih baik. Jika anda menyimpan kopi anda dalam Opaque containers, anda dapat menyimpannya di atas meja atau di tempat lainnya yang nyaman tanpa mengkhawatirkan kerusakan dari cahaya.

Untuk mendapatkan perlindungan terbaik terhadap empat musuh kopi segar: udara, kelembaban, panas, dan cahaya. Cobalah salah satu tabung kopi yang dirancang khusus atau “kubah kopi” dengan segel kedap udara. Wadah tersebut menahan udara, kelembaban, dan cahaya. Tetapi menempatkannya jangan terlalu dekat dengan panas.

Mengetahui cara menyimpan kopi agar tetap segar bukanlah ilmu roket. Tapi, membeli kopi dengan tepat dan menyimpannya dengan benar akan menciptakan secangkir kopi yang nikmat. Coffeeland Indonesia menyediakan kopi roasted bean yang berkualitas dengan kemasan yang tetap menjaga kesegaran kopi. Coffeeland memiliki beberapa jenis various Arabika Specialty. Kemasan yang di jual mulai dari 250gram untuk anda nikmati di rumah.

Berikut adalah sempel kemasan Arabica Speciaty Coffeeland Indonesia :

      

      

  

Source : 1

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *