Aroma kopi bertanggung jawab atas semua atribut rasa kopi selain rasa mouthfeel dan manis, garam, pahit, dan asam rasa yang dirasakan oleh lidah. Karena itu, bisa dikatakan aroma kopi adalah atribut yang paling penting untuk kopi spesial. Bahkan kopi instan pun memiliki komponen yang bertanggung jawab untuk stimulasi selera kita. Perbedaannya, bagaimanapun, adalah bahwa kopi instan tidak memiliki sebagian besar senyawa aromatik volatil yang menyebabkan penurunan dramatis pada keseluruhan rasa kopi.

Persepsi Aroma Kopi

Aroma kopi dirasakan oleh dua mekanisme yang berbeda. Hal itu bisa dirasakan secara nasal melalui bau kopi melalui hidung atau retronasal. Persepsi retronasal terjadi saat kopi ada di mulut atau tertelan dan senyawa volatil aromatik melayang ke atas ke saluran hidung. Jumlah senyawa aromatik yang ditemukan dalam kopi meningkat setiap tahunnya. Saat ini jumlahnya lebih dari 800, dan karena metode analisis kami menjadi lebih tepat, lebih banyak yang akan ditemukan. Namun, persepsi aroma kopi sangat bergantung pada konsentrasi senyawa dan ambang bau. Dengan kata itu, pemahaman aroma kopi tidak sesulit memahami bagaimana lebih dari 800 elemen kopi berinteraksi dengan epitel penciuman. Kemungkinan kelompok kelompok yang relatif kecil yang memiliki konsentrasi tinggi dan ambang bau rendah membuat aroma yang kita kenal sebagai aroma kopi.

Alsan kenapa kopi menjadi salah satu minuman yang banyak disukai karena kopi memiliki rasa dan aroma yang khas. Kandungan kafein dalam kopi juga tidak membuat para pecandu kopi enggan mengkonsumsinya. Tidak hanya rasa dari kopi yang dapat dinikmati namun juga aroma kopi yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaatnya :

  1. Meningkatkan Energi
  2. Mempertajam Penciuman
  3. Penetral Aroma
  4. Menghilangkan Stres

Aroma kopi juga menambah kualitas seperti berasap, berbunga, seperti buah, bersahaja, atau mungkin mengingatkan Anda pada buah atau kacang tertentu.

Jangan lupa seduh kopi arabika specialty dari Coffeeland Indonesia yang menyediakan beberapa Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin dari beberapa daerah Indonesia yang sudah dikenal baik di dalam maupun di luar negri. Ada beberapa jenis kemasan Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin untuk anda coba, agar anda bisa menemukan karakter rasa kopi apa yang cocok untuk memanjakan lidah anda, di setiap masing-masing Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin mempunya karakter rasa dan aroma yang berbeda-beda. Kemasan yang tersedia mulai dari 125gr, 250gr, 500gr hingga 1Kg.

Adapun Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin yang tersedia di Coffeeland yaitu : Kopi Arabica Aceh Gayo Specialty, Kopi Arabica Toraja Specialty, Kopi Arabica Flores Specialty, Kopi Arabica Bali Specialty, Kopi Arabica Java Specialty, Kopi Arabica Malabar Specialty, Kopi Arabica Mandheling Specialty, Kopi Arabica Wamena Specialty, dan Kopi Arabica Blue Korintji Specialty.

Untuk pemesanan silahkan Order via What’sApp : Klik disini!

 

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *