Langkah Awal Memulai Usaha Coffee Shop

Prospek bisnis Coffee Shop atau kedai kopi sangat menggiurkan, bukan saja mampu bersaing dengan kopi pabrikan yang menawarkan kopi instannya, melainkan mampu bersaing karena sudah menjadi gaya hidup dan budaya di kalangan kelas menengah ke atas. Coffee Shop saat ini banyak digunakan sebagai tempat chatting, meeting, atau sekedar duduk santai menikmati secangkir kopi.

Kopi yang ditawarkan oleh Coffee Shop sudah seharusnya berkualitas baik dengan rasa yang juara, karena jika tidak, para penikmat kopi cukup dengan menikmati kopi instan yang sudah lebih dulu merajai pasar kopi. Selain untuk gaya hidup, bersosialisasi di Coffee Shop dapat menunjukan status sosial tersendiri. Sehingga tidak jarang kita melihat di media sosial, orang-orang yang memposting kegiatannya di Coffee Shop.

Oleh karena itu, untuk memulai usaha Coffee Shop, kita ditantang untuk menyajikan lebih banyak jenis kopi. Dan sebagai pemilik Coffee Shop, ada baiknya anda mendapatkan edukasi mengenai citarasa dan kompleksitas kopi, karena penikmat kopi saat ini lebih jeli dalam memilih kopi yang berkuliatas.

Berikut ini langkah awal memulai usaha Coffee Shop:

  • KONSEP : Siapkan konsep yang matang, sesuai dengan target market. Perhatikan lokasi Coffee Shop, desain interior, cara penyajian, pelayanan, produk, seragam hingga pernak pernik lainnya.
  • SUPPLIER KOPI : Hampir tiap daerah di Indonesia menghasilkan kopi dengan cita rasa yang berbeda dan Coffeeland dapat menyediakan kopi sesuai kebutuhan anda. Pemilihan supplier kopi bukan hanya menjamin ketersediaan kopi, tapi juga cita rasa kopi ang sesuai dengan spesifikasi anda.
  • PENDANAAN : Hitung semua kebutuhan, siapkan moda awal usaha Coffee Shop. Tambahkan biaya operasional untuk beberapa bulan pada modal awal tersebut. Pada awal usaha, kemungkinan minus selama 1-2 bulan karena Coffee Shop belum ramai dikunjungi konsumen. Anda dapat membiayai usaha Coffee Shop secara mandiri atau dari pinjaman. Bisa juga menjalin kerjasama dengan partner, investor atau dana dari bank dengan sistem bagi hasil.
  • LOKASI : Tidak harus berlokasi di tengah kota, karena yang terpenting mudah diakses oleh target market. Biasanya Coffee Shop akan ramai jika berlokasi di perkantoran, mall, kampus atau pasar modern. Namun tidak masalah jika anda punya tempat sendiri. Siapkan strategi promosi dan pemasaran yang jitu agar konsumen mau berkunjung ke Coffee Shop anda.
  • SUMBER DAYA MANUSIA : SDM adalah karyawan yang akan anda kerjakan. Karyawan menjadi satu faktor yang sangat penting dalam memulai bisnis. SDM harus benar-benar mendapat pelatihan yang berkualitas dan berkelanjutan.
  • PEMASARAN : Strategi paling jitu dalam usaha Coffee Shop adalah dengan membidik komunitas tertentu. Ciptakan suasana yang nyaman dengan menjaga kebersihan tempat dan variasi menu. Buat program diskon atau member get member. Adakan program edukasi mengenai kopi dengan brosur/flyer dan sosial media.

***

Coffeeland Indonesia akan menjadi partner Anda dalam menyediakan seluruh kebutuhan untuk membuka bisnis Coffee Shop / Kedai Kopi yang sukses. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket instalasi senilai kurang lebih 150 juta rupiah. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti apapun, berbeda dengan sistem franchise yang banyak ditawarkan oleh perusahaan lain.

Coffeeland telah memiliki banyak mitra Kedai Kopi yang sukses di berbagai wilayah Indonesia seperti di Flores, Kalimantan, Jawa hingga Sumatra. Salah satu mitra kami bahkan memiliki omset 5 juta per hari.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami,¬†silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

 

Source : Here
Pict Source : Here

2 thoughts on “Langkah Awal Memulai Usaha Coffee Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *