Sudah tidak diragukan lagi kalau kopi adalah minuman yang paling nikmat di dunia. Rasa dan aromanya berpadu sempurna menciptakan kenikmatan alami yang tiada tandingannya. Di pasaran tersedia berbagai macam kopi, mulai dari biji kopi mentah (green beans), biji kopi yang telah disangrai (roasted beans), hingga bubuk kopi yang siap untuk diseduh. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan.

Green beans merupakan pilihan kopi terbaik karena bisa disimpan lebih dari setahun. Hanya saja Anda harus menyangrai dan menggilingnya terlebih dahulu sebelum dapat menyeduh kopi tersebut. Berbeda dengan biji kopi yang telah disangrai (roasted beans), biji kopi ini sudah matang jadi anda hanya perlu menggilingnya saja sebelum menyeduhnya. Berapa ukuran gilingan kopi yang disarankan? Hal ini tergantung minuman kopi yang ingin anda buat dari bubuk kopi tersebut nantinya. Bubuk kopi yang kasar cocok digunakan sebagai bahan dasar manual brewing. Sedangkan bubuk kopi yang halus bisa digunakan untuk membuat kopi tubruk. Kopi yang dijual sudah dalam wujud bubuk memiliki keunggulan karena praktis. Anda tidak perlu menyangrai atau menggiling lagi.

Faktor lain yang dapat merusak rasa dan aroma kopi adalah cara penyimpanan kopi. Sama seperti teh, penyimpanan kopi didalam rumah juga harus tepat supaya biji kopinya tetap segar serta aroma dan rasanya tidak berubah. Hal yang paling penting dalam penyimpanan kopi adalah kopi harus di simpan didalam tempat yang kedap udara. Kopi tidak boleh terkontaminasi oleh udara, kelembaban, panas dan cahaya. Jadi sebaiknya simpanlah kopi di tempat yang gelap dan kering.

Bubuk kopi yang segar mempunyai rasa dan aroma yang jauh lebih nikmat daripada bubuk kopi yang telah disimpan beberapa hari. Apalagi jika bubuk kopi tersebut sudah disimpan dalam waktu yang terlalu lama hingga melebihi waktu kadaluwarsanya. Meski kenyataannya kopi yang telah kadaluwarsa masih bisa diminum, tetapi kami tidak menyarankannya.

Masa kadaluwarsa kopi berbeda-beda menurut wujudnya. Yang paling lama masa kadaluwarsanya adalah green beans, kopi green beans dapat disimpan hingga lebih dari setahun. Sedangkan kopi yang telah dipanggang (roasted beans) memiliki masa pakai hingga 5-6 bulan terhitung dari tanggal roasting. Berbeda lagi dengan kopi bubuk. Kopi bubuk yang masih tersimpan di dalam kaleng kemasannya sebenarnya bisa disimpan selama lebih dari 2 tahun. Tetapi begitu tutupnya dibuka, masa kadaluwarsa bubuk kopi ini hanya mencapai 1 bulan saja.

Masa kadaluwarsa seperti di atas hanya bisa anda dapatkan apabila menyimpan bubuk kopi dengan metode yang benar. Kesalahan dalam menyimpan kopi tentu akan mempersingkat masa kadaluwarsanya. Oleh karena itu, kami selalu menyarankan kepada anda untuk membeli kopi dalam kemasan yang kecil sehingga kesegarannya tetap terjaga dan Anda pun tidak repot ketika menyimpannya. Biasakan menutup kembali kemasannya setelah anda selesai mengambil kopi yang dibutuhkan.

Untuk Pemesanan Kopi Arabika asli Indonesia, Coffeeland menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :  

Source: 1,2

Coffeeland Indonesia