Ampas kopi biasa kita anggap sebagai sampah / limbah yang diabaikan dan dibuang karena tidak ada manfaatnya. Tetapi, jangan salah ternyata ampas kopi punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tanah dan tanaman. Berikut adalah beberapa mafaat ampas kopi untuk tanaman:

Source

  • Sebagai Pupuk

Ampas kopi adalah salah satu komposisi bahan organik. Sisa bahan-bahan organik untuk dijadikan kompos dihancurkan oleh ampas kopi, karena ampas kopi mengandung nitrogen alami yang bermanfaat untuk membantu bakteri. Cindy Lane, seorang spesialis kompos dari Oregon State University mengungkapkan bahwa ampas kopi dapat meningkatkan temperatur di dalam komposter, dan inilah yang dapat menghancurkan bakteri serta patogen di dalam bahan-bahan organik.

Kandungan gas nitrogen dalam ampas kopi relatif tinggi, sehingga ampas kopi dapat membuat kompos menjadi berkualitas. Rasio karbon dan nitrogen dalam ampas kopi sekitar 20 – 24:1. Keasaman ampas kopi yang relatif lebih rendah (6.9-6.2 pH) membuatnya ramah untuk diaplikasikan pada tanaman. Ampas kopi juga mengandung senyawa fosfor, potasium, magnesium, dan sedikit tembaga, dengan begitu anda tidak perlu lagi membeli pupuk tambahan untuk tanaman anda. Yang anda lakukan hanya mencampur ampas kopi dengan tanah dan mengaduknya dengan sekop hinga tercampur dengan rata.

Tanah yang bernutrisi ini cenderung mengundang cacing untuk membantu menggemburkan tanah. Beberapa tanaman buah seperti alpukat, jambu biji, tomat, dan terung, menyukai tanah yang ditambah kopi.

Source

  • Mencegah Hama

Taburi tanah di sekitar pot tanaman dengan bubuk kopi, lalu sebarkan juga di dekat pot dan atau tanah tempat tanaman tersebut tumbuh. Jika ada bagian daun yang terkena kopi, biarkan saja.

Sebaran bubuk kopi di sekitar tanaman akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak.

Bahkan kabarnya, kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu-kupu jadi tidak tertarik untuk bertelur pada daunnya—kupu-kupu hanya tertarik dengan bunganya dan tidak ingin bertengger terlalu lama di sekitar daun karena aroma kopinya.

Selain itu, aroma kopi juga ampuh untuk mengusir kucing atau anjing yang ingin membuang kotoran di halaman Anda. Bila sayang harus menaburkan bubuk kopi, gunakan ampas kopinya saja. Namun keringkan dahulu dengan cara dijemur sebelum menyebarkannya ke tanah.

Source

  • Mempercantik warna bunga

Kopi mengandung pH 6.9 yang hampir netral, namun pH ini juga dibutuhkan oleh tanaman sebagai tambahan energi dan nutrisi. Hasilnya, warna daun dan bunga pada tanaman Anda akan semakin cantik. Warna daun menjadi lebih pekat begitu juga dengan bunganya.

Mulai saat ini, cobalah untuk tidak membuang ampas kopi seduhan anda dirumah, karena masih banyak nutrisi yang terkandung didalamnya yang bermanfaat untuk alam.

Source: 1, 2, 3.

 

Coffeeland Indonesia