Ketika mengunjungi Coffee Shop kita akan melihat mesin espresso. Segala minuman berbasis espresso yang kita pesan akan menggunakan mesin espresso untuk menghasilkan ekstrasi biji kopi yang tepat. Kata espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Berbeda dengan manual brewing yang disajikan melalui proses atau tahapan yang cukup lama, mesin espresso dapat mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi.

Berdasarkan standar Specialty Coffee Association of America (SCAA), Espresso dihasilkan sebanyak 25-35 ml dari 7-9 gram kopi, menggunakan air suhu 88-92°C, bertekanan 9-10atm dalam waktu 22-28 detik. Espresso akan tampak seperti cairan sekental madu hangat dengan busa keemasan (crema) di atasnya. Espresso mengandung lebih dari enam ratus komponen zat kimia yaitu gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspense dengan gelembung gas kecil dan crema.

Di Indonesia penggemar espresso belum sebanyak di luar negri. Berbeda dengan minuman kopi yang diseduh dengan teknik manual brewing atau dengan cara tradisional. Minuman kopi yang berasal dari Italia ini lebih kental dan punya konsentrasi yang lebih tinggi. Kadar kafein yang lebih tinggi membuat espresso disajikan dalam volume yang lebih kecil. Hal tersebut sebanding dengan kopi lain dengan volume lebih besar.

Jadi ketika anda memesan kopi di Coffee Shop, anda tidak akan disajikan espresso melainkan minuman kopi yang berbasis espresso seperti caffè latte, cappuccino, caffè macchiato, cafe mocha, atau caffè Americano. Coffee Shop akan memilih mesin espresso untuk sajian kopinya. Biasanya memakai mesin espresso semi manual, yang pengaturan waktu brewing dan jumlah airnya menggunakan tombol-tombol digital.

Popularitas espresso semakin naik di penjuru dunia sejak tahun 1980-an. Berbagai macam menu kopi di Coffee Shop divariasikan dengan sirup, whipped cream, susu keledai, dan lain-lain. Coffeeland Indonesia pun menyediakan bahan baku tersebut untuk memvariasikan menu kopi di Coffee Shop anda.

Untuk lebih mengenal jenis-jenis espresso, berikut ini yang perlu anda ketahui:

Espresso Murni

  1. Espresso shot
    Shot sebutan untuk satuan espresso yang biasa digunakan. Untuk espresso satu shot digunakan 25-35 ml, sedangkan double shot (doppio) sekitar 45-60 ml. Espresso shot digunakan untuk standar bahan dasar minuman lain. Adapun triple shot apabila volume kopi yang diinginkan lebih besar. Cara pembuatan espresso shot dengan memanaskan air hampir mendidih hingga uapnya melewati gumpalan padat dari 7-8 gr bubuk kopi yang sudah digiling dengan sangat halus. Kopi akan dihasilkan dalam waktu 20-30 detik dengan hasil yang kental. Cara yang sama untuk double shot dengan dua kali kelipatan bubuk kopinya. Espresso shot yang baik menghasilkan crema berwarna gelap dan berbusa banyak.
  2. Ristretto
    Ristretto yang berarti restricted mempunyai makna 1 dosis kopi untuk membuat espresso diseduh hanya dengan setengah dosis air. Hasilnya adalah cairan kental dengan volume 15-20ml namun dengan rasa yang lebih kaya. Double ristretto shot dengan volume 30-45ml biasa digunakan juga sebagai bahan dasar minuman kopi.
  3. Lungo
    Kebalikan dari ristretto, lungo menyeduh 1 dosis kopi dengan 2 dosis air. Hasilnya minuman dengan volume lebih banyak namun konsentasi rasa yang lebih ringan. Lungo sering disamakan dengan Americano karena mirip dari sisi volume.

Espresso Campuran

  1. Americano
    Americano adalah double shot espresso yang dicampur air panas dengan perbandingan 1:3 – 1:4. Konon, tentara Perang Dunia 2 asal Amerika yang bertugas di Italia, tidak kuat minum espresso murni. Mereka mencampur espresso dengan air panas untuk mendapatkan kopi yang lebih ringan.
    Variasi dari minuman ini adalah Long Black di mana air panas dituang lebih dulu ke dalam gelas sehingga tidak merusak crema dari espresso yang dituang belakangan.
  2. Cafè Macchiato
    Cafè macchiato terbuat dari espresso (single atau double shot) yang diberi topping sedikit buih dari steamed milk. Kata macchiato sendiri berarti marked yang maknanya “menodai” hitamnya espresso dengan putihnya susu.
    Terdapat juga variasi yang menggunakan double shot ristretto untuk rasa yang lebih kaya.
  3. Cappuccino
    Cappuccino biasa terbuat dari 1 bagian espresso dicampur dengan 1 bagian steamed milk dan 1 bagian buih susu. Hasilnya adalah minuman dengan tekstur lembut dengan rasa kopi yang masih kuat.
    Dalam bahasa Italia kata cappuccino berarti dari little cup, sesuai dengan ukuran cangkir yang digunakan. Namun sejarah juga menyebutkan bahwa nama ini adalah penghormatan kepada pendeta Cappuchin yang memakai jubah berwarna kecoklatan persis seperti warna cappuccino.
    Beberapa variasi cappuccino menggunakan cokelat bubuk, kayu manis, ataupun gula palem sebagai taburan di atas foam susunya yang tebal.
  4. Cafè Latte
    Sama seperti cappuccino, cafè latte terbuat dari espresso yang dicampur dengan steamed milk. Perbedaannya terletak pada banyaknya buih susu. Perbandingan susu pada pada cafè latte lebih banyak daripada buihnya. Karenanya rasa susu pada cafè latte paling dominan dibanding cappuccino atau macchiato.
    Penyebutan cafè latte sudah lumrah disingkat menjadi latte saja. Namun jika Anda berkunjung ke Italia dan memesan latte, Anda akan diberikan secangkir susu hangat tanpa kopi sama sekali!
    Variasi dari minuman ini adalah Piccolo Latte yang terbuat dari single shot ristretto, juga Magic Latte yang terbuat dari double shot ristretto.
  5. Caffè Affogato
    Caffè affogato adalah espresso yang dberi eskrim sebagai pengganti susu. Berarti tenggelam dalam bahasa Italia, lelehan eskrim pada affogato memang seperti ditenggelamkan oleh hangatnya espresso.
  6. Caffè Mocha
    Caffè mocha mencampurkan kopi, susu, dan cokelat dengan perpaduan yang pas. Saat ini cokelat bubuk lebih banyak digunakan daripada cokelat cair ataupun susu cokelat karena dianggap lebih praktis.

Coffeeland Indonesia menyediakan jenis-jenis kopi berkualitas diantaranya kopi Arabica Bali Specialty, Arabica Blue Korintji Specialty, Arabica Flores Specialty, Arabica Gayo Specialty, Arabica Java Specialty, Arabica Malabar Specialty, Arabica Mandhelig Specialty, Arabica Toraja Specialty,dan Coffeeland Blend.

Source: 1, 2, 3

Pict Source: Here

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *