MENIKMATI KOPI ALA ORANG ITALIA

Penemu kopi itu bukan bangsa Italia, ternyata orang Italia yang menciptakan budaya kopi, sampai akhirnya kopi menjadi minuman yang paling dicari di seluruh dunia, dan menyusup ke semua kalangan masyarakat.

Jika anda seorang pencinta kopi, rasanya belum sah jika belum merasakan pengalaman minum kopi di Italia. Dan perlu diingat, ngopi dengan gaya Italia setidaknya memiliki ciri khas sendiri. Para turis yang baru pertama kali berkunjung ke negara ini, awalnya akan mengalami kebingungan dengan istilah-istilah dan tata cara memesan serta meminum kopi di Italia. Berikut panduan singkat ngopi ala orang Italia.

  1. Menikmati kopi dipagi hari

Source

Pagi hari dimulai dengan menu sarapan yang terdiri dari kue yang dipasangkan dengan kopi susu nikmat. Pilihan kopinya antara lain :

Cappuccino : campuran espresso dan steamed susu dengan takaran yang sama lalu ditambah foamed milk atau busa susu.
Caffè latte   : campuran espresso dengan steamed milk yang lebih banyak dan ditambah sedikit foamed milk.
Latte macchiato: steamed susu ditambah dengan sedikit espresso.

Jangan coba memesan tiga jenis kopi susu ini usai jam 11 siang. Orang Italia tidak pernah menikmati kopi susu saat siang hari.

  1. Waktu yang tepat Menikmati Espresso

Source

Orang Italia menyesap kopi mereka dengan cepat di bar. Espresso adalah minuman kopi terpenting, karenanya biasanya mereka hanya berkunjung ke bar untuk memesan espresso beberapa kali dalam sehari, tanpa mengobrol, membaca, atau duduk lama di sana.

Orang Italia tidak akan  ngopi sambil duduk kecuali memang ada alasan yang kuat untuk itu. Kopi bagi mereka adalah “drug”, dan “obat” memang seharusnya diminum dalam sekali teguk, bukan dengan duduk atau bersenda gurau, bukan?

Uniknya, “espresso” bukanlah kata yang umum digunakan ketika orang memesan minuman di bar, karena espresso adalah istilah teknis bagi orang Italia, dan minuman “default”.

Tentunya kamu juga bisa memesan un caffe doppio atau double espresso, tapi ini bukan kebiasaan orang Italia yang suka minum kopi dalam sekali teguk.

  1. Campuran Kopi

Selama berabad-abad, orang Italia telah menciptakan berbagai varian kopi yang dijadikan campuran espresso. Menu kopinya semakin banyak dengan sensasi rasa yang berbeda-beda juga.

  • Caffè macchiato: Kopi lembut yang ditandai dengan tambahan busa susu. Tidak hanya untuk minuman sarapan, minuman ini juga bisa dipesan sepanjang waktu.
  • Caffè corretto: Minuman kopi ini mengandung sedikit alkohol. Biasanya jenis alkohol yang ditambahkan adalah grappa dan sambuca.
  • Caffè americano: Setelah mencoba kopi tetes di Amerika Serikat, orang Italia memutuskan untuk menawarkan kopi teknik ini kepada wisatawan. Dalam arti lain, kopi ini adalah espresso yang dicampur air panas dalam jumlah banyak.
  • Caffè lungo: Artinya “Kopi panjang” campuran antara espresso dengan air panas. Namun sensasi rasanya lebih strong dibanding americano.

Kopi di Italia adalah minuman yang dinikmati secara sosial. Jadi di Italia tidak ada cup kemasan kopi yang bisa dibawa pergi.

  1. Perhatikan daerah tempat minum kopi

Setidaknya ada 20 wilayah di Italia yang memiliki budaya minum kopi yang berbeda. Kenali dulu dimana Anda memesan kopi.

Misalnya di Le Marche Utara, kopi yang populer adalah caffe anisette yakni espresso yang dicampur dengan rempah adas. Sementara di Sisilia ada caffe d-un parrinu yakni kopi yang dicampur cengkeh, kayu manis dan cokelat, sekilas seperti kopi Arab.

  1. Menikmati kopi bersama

Di Italia jangan terkejut jika datang ke bar lalu melihat orang ngopi secara bergerombol. Ini memang bagian dari budaya ngopi di Italia. Kebiasaan ini disebut Al Banco.

Orang Italia selalu menikmati kopi sambil berdiri atau duduk-duduk dengan gelas kopi di tangan masing-masing. Mereka juga terbuka pada orang baru, jadi jika ingin bergabung coba pesan dulu kopi Anda tapi membayar di akhir.

Untuk Pemesanan Kopi Arabika asli Indonesia, Coffeeland menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.