Penikmat kopi harus sedikit menahan keinginannya minum kopi di bulan Ramadhan. Namun ini bukan berarti anda tidak bisa menikmati kopi sama sekali. Anda bisa menikmati kopi dengan cara berbeda, salah satunya menjadikan kopi sebagai bahan dalam pembuatan makanan khas berbuka puasa.

Tentu anda sudah tidak asing dengan istilah, ‘berbukalah dengan makanan yang manis’. Saat ini lah kesempatan anda berkreasi membuat makanan-makanan manis untuk berbuka puasa dengan cara mempadu-padankan kopi dengan bahan dasar makanan. Misalnya, coffee cake dapat anda buat menggunakan espresso dari freshly roasted bean yang kemudian dicampur bersamaan dengan bahan lainnya seperti butter, gula, susu dan cream. Pada umumnya coffee cake termasuk muffin atau brownie. Anda hanya perlu mengganti bahan cokelat menjadi kopi, selebihnya gunakan resep seperti biasa. Adapun tiramisu yang paling disukai banyak pencinta kopi, pembuatannya mudah dan bahan olahannya memang menggunakan kopi seduh.

Anda pun dapat berkreasi dengan coffee-infused chorizo bolognaise. Caranya dengan memadukan beberapa bahan seperti roti atau pasta lalu bawang bombay, daun seledri, sosis chorizo, tomat, lada hitam, garam, oregano kering, gula kuning/gula merah dan satu cup (ukuran 100-180 ml) kopi yang di-roast di profil medium roast dan digiling sebesar gula semut/gula pasir (medium grind size).

Kemampuan food pairing menggunakan kopi memang membutuhkan kemauan lebih untuk mengeksplorasi cita rasa dari suatu bahan makanan yang akan kita padu-padankan karena masing-masing rasa akan saling menguatkan atau juga melemahkan rasa lainnya, seperti asam dan asin akan terlalu berlebihan jika dipadukan karena saling menguatkan dan dapat distabilkan jika dipadu dengan rasa manis.

Beberapa Coffee shop sudah menggunakan cara ini untuk menciptakan menu yang bervariasi dan tetap nikmat disantap saat berbuka puasa. Coffee shop yang berani berkreasi akan membuatnya menjadi salah satu yang layak untuk dikunjungi bukan saja dari segi kualitas kopinya yang baik, tapi juga aneka pastry yang dibuat menggunakan kopi dan dapat dinikmati dengan minuman kopi yang bervariasi.

Jika anda tidak sempat mengunjungi Coffee shop, anda tetap dapat membuatnya sendiri. Meskipun konsumsi kopi di bulan Ramadhan terhenti, setidaknya anda bisa menikmati kopi dalam balutan makanan ringan. Anda pun dapat menjadikannya makanan utama saat berbuka puasa, selain sebagai cemilan menjelang sholat tarawih. Kopi bisa anda gunakan untuk saus marinasi saat anda menghidangkan daging steak. Caranya mudah, hanya dengan menambahkan cingcangan bawang putih atau bawang bombay ke dalam kopi, lalu diberi sedikit soy sauce atau cuka balsamic.

Dengan begitu sudah terbukti bahwa kopi dapat dapat digunakan untuk makanan (food pairing) baik sebagai makanan utama ataupun makanan ringan. Jadi selamat mencoba dan menikmati makanan berbuka puasa yang mengandung kopi.

Source: 1, 2, 3

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *