Panduan Penyajian Kopi untuk Pemula dengan metode Over Coffee Brewing

Metode pembuatan kopi secara manual menjadi pilihan yang semakin populer untuk penggemar kopi. Kemampuan untuk mengendalikan setiap variabel dalam proses menyeduh kopi, membuat cangkir yang sesuai dengan preferensi seseorang, dan menyoroti karakter kopi yang unik telah meyakinkan banyak orang untuk beralih. Popularitas baru ini telah mendorong lahirnya beberapa metode dan perangkat baru, serta kebangkitan metode yang lebih tua. Pada artikel ini akan menampilkan penuangan kopi yang paling favorit ke metode menyeduh kopi dan akan dijelaskan perbedaan di antara keduanya.

Langkah-langkah menyeduh kopi Saran ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan awal bagi para pemula. Untuk memulai semuanya mohon diperhatikan mulai dari level roasting, metode pengolahan, dan yang lainnya, semuanya bervariasi. Cobalah dan sesuaikan dengan selera!

  • Menggiling, Gunakan penggiling burr berkualitas. Ini akan memastikan penggilingan dan ekstraksi yang semakin konsisten – atau, dengan kata lain, akan menghasilkan secangkir kopi yang lezat!
  • Dosis, Mulailah dengan 60 gram kopi untuk 900ml air. Sesuaikan setiap rasio, karena itu akan mempengaruhi faktor lain dengan cara yang jelas dan halus, jadi perhatikan baik-baik. Mengubah parameter tunggal juga memerlukan perubahan di tempat lain.
  • Air, yang disaring dengan seksama, dipanaskan sampai 195-205 derajat Fahrenheit atau 90-96 derajat Celcius. Tinjau aksesoris yang disarankan di bawah ini untuk mempelajari tentang mengendalikan air.
  • Aksesoris, Kettle air yang mengalir lambat sangat penting untuk menggunakan Pour Over Brewing Kettles dengan baik. Untuk memilih kettle yang tepat, lihat Perbandingannya dengan cara di tuangkan ke Over Brewing Kettle. Skala gram dan termometer juga akan membantu Anda menyeduh kopi dengan baik secara konsisten.
  1. V60 (Hario V60 Red Keramik Brewer)

Source : Picture

Desain : V60 adalah peredam yang berbentuk kerucut dengan punggung spiral di sepanjang dinding dalam dan satu lubang besar di bagian bawah. Desain ini membuat filter tidak menempel ke dinding kerucut, mendorong ekstraksi di bagian bawah dan sisi saringan. Kami membawa V60 dalam dua ukuran, empat warna, dan tiga bahan: plastik, kaca, atau keramik.

Menggiling kopi : Umumnya untuk V60 direkomendasikan menggunakan ukuran hasil giling (Grind Size) antara Fine dan Medium.

Teknik : Teknik pilihan ini dimulai dengan membilas filter secara menyeluruh dan menempatkannya di dalam kerucut. Setelah menambahkan kopi bubuk, tingkatkan katil dan buat divot kecil di tengah. Lalu tuangkan cukup air untuk membasahi semua kopi, lalu diamkan selama 30 detik. Lanjutkan menuangkan air dengan perlahan, mulai di tengah dan bergerak kedalam dan keluar di lingkaran konsentris sampai volume yang diinginkan tercapai. Jauhkan air yang mengalir sekitar ¼ “dari dinding yang terbuka dari tetesan setiap saat dan cobalah untuk mempertahankan volume konstan selama proses penyeduhan kopi.

Keuntungan : Filter V60 lebih tipis dari pada kertas lainnya yang dituangkan ke atas filter, dan ini adalah nilai tambah yang besar. Meskipun kami masih merekomendasikan membilas filter ini, mereka memberikan sedikit rasa kertas. Desain unik V60 menghasilkan beberapa kopi terbaik. Ketika seseorang menuangkan dengan hati-hati, punggung spiral pada V60 memudahkan ekstraksi lebih banyak daripada pembuat penyeduhan berbentuk kerucut lainnya, yang cenderung terlalu banyak mengekstraknya di bagian bawah. Dan dengan kaca atau plastik V60 Anda bisa menyaksikan keseluruhan proses pembuatan kopi.

2. Chemex (Chemex Brewer)

Desain : Chemex menggabungkan tuangan kerucut filter dengan decanter kaca yang indah. Fitur yang menentukan dari metode ini adalah filter kertas ultra tebal yang disiram ke dinding.

Menggiling kopi: Medium sampai Medium-Coarse, Menggiling kopi umumnya sangat direkomedasikan ukuran hasil giling (grind size) medium atau medium-coarse.

Teknik : Mulailah dengan membilas saringan secara menyeluruh. Ini menghilangkan rasa papery . Setelah membuang air ini, tambahkan kopi bubuk dan bahkan tempat tidurnya. Gunakan air panas untuk merata agar membasahi semua kopi (menggunakan sekitar 10% dari total volume air) dan mulai timer. Setelah 30-45 detik tuangkan sisa air ke dalam gerak yang lambat dan terkendali. Bertujuan untuk menyelesaikan menuangkan sekitar angka 3:00, dengan tetes terakhir jatuh di suatu tempat dekat pukul 4.00. Lepas saringan dan alasnya, berikan beberapa potong pusaran Chemex, lalu sajikan.

Keuntungan : Karena saringan kertas tebal menempel di dinding server, air mengalir melalui pekarangan lebih lambat dan waktu tinggal lebih lama daripada yang ada pada metode lainnya. Ini sangat membantu, karena menyeduh secangkir kopi lezat tidak selalu bergantung pada keterampilan pengguna dan lebih pada parameter yang tepat dan dipilih dengan baik. Chemex menyoroti catatan “lebih tinggi” dan “lebih terang” di kopi dan menghasilkan cangkir yang bersih dan manis.

3. Bee House Dripper

Source : Picture

Desain : Peredam Bee House memiliki kerucut filter berbentuk baji dengan tulang rusuk di dinding bagian dalam. Ini bisa duduk di atas mug paling, serta server Hario dan Kalita. Sementara Bee House dianggap sebagai peredam kerucut, dasarnya rata dan olahraga dua lubang kecil yang mengalirkan kopi menyeduh. Kami lebih suka menggunakan filter Melitta: # 2 untuk yang kecil dan # 4 untuk ukuran besar.

Menggiling Kopi : Umumnya direkomendasikan pengaturan menggiling yang sedikit lebih kasar dari yang digunakan untuk V60.

Teknik : Lipat tepi saringan dan taruh di dalam dripper, bilas dengan air panas. Ini berfungsi untuk memanaskan lebih dulu tetesan dan menghilangkan potensi papery mencicipi kopi. Tambahkan kopi ke kerucut filter dan basah ringan dan merata dengan sekitar 10% dari total volume air. Biarkan kopi mekar selama 30-45 detik, lalu terus menuangkan. Kami merekomendasikan tiga putaran penuangan, masing-masing mengelola sekitar sepertiga volume air total (dikurangi jumlah yang digunakan untuk pra-infus). Tuangkan dengan cara yang menjaga tingkat air hampir di atas tempat tidur kopi. Dengan tuas yang lambat dan terkontrol, arahkan untuk waktu menyeduh kopi 3: 00-3: 30, tergantung pada ukuran bets dan pengaturan grind.

Keuntungan : Bee House menawarkan kurva belajar yang lebih mudah daripada V60. Desainnya mendorong pengeringan yang lebih lambat dan memungkinkan penggilingan kasar, yang keduanya berkontribusi pada sifat pengampunan dari penyeduhan kopi. Seperti kebanyakan menuangkan metode, Rumah Bee menghasilkan cangkir bersih dan aksen nada yang lebih tinggi, namun waktu penyeduhan kopi yang diperpanjang membawa rasa lebih manis dan halus.

Penjelasan tiga asesoris penyeduhan kopi yang menggunakan metode Pour Over Coffee Brewing, semoga bisa membantu anda untuk memulai menyeduh kopi di rumah, semuanya bisa anda coba untuk bereksperimen sampai anda bisa memilih anda cocok dengan menggunakan asesoris yang mana yang ada sukai cara menyeduhnya. Masih banyak lagi asesoris lainnya selain dari yang tiga asesoris di atas, seperti : Kone, Kalita Wave, Woodneck, dan Walkure.

Setelah kita belajar bagaimana cara penyajian kopi dengan menggunakan metode Over Coffee Brewing, tentunya anda juga harus tahu dimana anda harus membeli kopi yang berkualitas untuk menyempurnakan secangkir kopi anda. Coffeeland Indonesia menjadi solusi bagi anda, dimana anda harus memilih kopi arabika specialty yang berkualitas. Untuk pemesanan anda bisa hubungi tim mareketing kami via What’s App, silahkan klik!.

Source : 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *