Untuk mempertahankan kualitas kopi yang disajikan kepada penikmat kopi, ternyata kita perlu melakukan kalibrasi pada mesin yang digunakan agar selama proses penyajian kopi tetap terasa nikmat.

Kalibrasi pada mesin merupakan suatu kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjuk alat inspeksi, alat pengukuran dan alat pengujian dengan cara membandingkan dengan standar ukur yang traceable ke standar nasional maupun standar internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Tujuan dari kalibrasi tersebut adalah untuk mencapai ketelusuran pengukuran sehingga mencapai pada standar yang lebih tinggi atau lebih teliti. Sedangkan fungsi dari kalibrasi mesin adalah untuk menjaga kendali mutu dengan memastikan kinerja dan akurasi berbagai penilaian yang digunakan malalui nilai standar yang ditunjukkan oleh alat ukur.

Untuk mesin kopi sendiri, dengan adanya kalibrasi yang dilakukan secara berkala, dapat meningkatkan intensitas rasa serta aroma dari kopi dan tidak memberikan dampak buruk atau merusak karakter pada kopi yang akan disajikan.

Saat melakukan kalibrasi, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi hasil dari kalibrasi pada mesin tersebut, yaitu:

Prosedur. Kalibrasi harus dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku. Bila melakukan kesalahan selama proses kalibrasi, maka akan memberikan hasil yang tidak dapat terpercaya.

Kalibrator. Seorang yang mengkalibrasi mesin tersebut harus mampu menelusur ke standar nasional maupun internasional. Bila tidak mampu, maka hasil kalibrasi tersebut tidak akan diakui. Oleh sebab itu, ketelitian, kecermatan dan kestabilan kalibrator harus setingkat lebih baik dari alat maupun mesin yang dikalibrasi. Tenaga pengkalibrasi juga harus memiliki keterampilan yang lebih memadai.

Priode kalibrasi. Frekuensi pemakaian mesin tersebut menjadi faktor utama dalam menentukan rentang waktu melakukan kalibrasi selanjutnya.

Lingkungan. Kondisi suhu, kelembapan, getaran mesin, maupun tingkat penerapannya juga memberikan pengaruh yang signifikan.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

Source: 1

Coffeeland Indonesia