Kopi adala minuman yang punya cita rasa apabila di olah dengan racikan yang benar. Sehingga penikmat kopi sulit untuk melupakan kelezatannya. Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO) yang diungkapkan pakar kopi Adi Taroe Pratjeka, kopi bahkan menjadi minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Sudah sepantasnya kalo minum kopi saat ini sudah menjadi  gaya hidup masyarkat Indonesia. Apa lagi dengan beragam jenis kopi dari seluruh pelosok negeri ini memiliki kualitas terbaik yang menjadikan setiap daerah penghasil kopi memiliki cita rasa dan keunikan masing-masing.

Beberapa daerah di Indonesia misalnya, memiliki cara penyajian kopi yang unik dari biasanya kita racik dengan mencampurkan air panas dan gula saja. Namun, saat ini begitu banyak ragam racikan kopi. Dengan menjamurnya coffee shop atau kedai kopi ini, ragamnya racikan kopi menjadi menu-menu popular disetiap kedai kopi. Sehingga untuk peminat kopi pun beragam usia dan kalangan. Kini para penikmat kopi tidak identik dengan laki-laki dewasa saja. Tetapi perempuan dan usia muda pun sudah mulai menjadi penikmat kopi. Tentunya di antara keragman racikan kopi, para penikmat kopi punya selera khas masing-masing.

Adapun beberapa kergaman racikan kopi yang sangat terkenal dimasyarakat diantaranya :

1. Espresso
Espreso merupakan salah satu jenis racikan minuman kopi yang mulai dikenal di Italia. Espresso, sesuai namanya berarti kopi yang disajikan dengan cepat kepada pembeli Espresso dibuaat dengan mesin brewing khusus. Mesin pembuat espresso tersebut ditemukan oleh orang Italia yang bernama Luigi Bezzera pada tahun 1901. Cara membuatnya adalah biji kopi diletakkan di dalam mesin brewing, lalu air dialirkan dengan tekanan tinggi. Akibatnya ekstrak kopi ikut keluar bersama air.

2. Cappuccino
Cappuccino adalah salah satu jenis racikan kopi yang digemari di dunia. Racikan kopi ini mempunyai 3 komponen utama yaitu susu, espresso dan busa. Ciri khas dari racikan ini adalah adanya dengan tebal sekitar 2 cm pada bagian permukaannya, serta terdapat taburan coklatnya.

3. Americano
Racikan Americano bisa menjadi salah satu pilihan bagi para penikmat kopi yang tidak tahan dengan efek kopi yang kuat. Rasa kopi pada racikan ini tidak terlalu kuat karena tambahan air panas yang banyak. Biasanya Americano disajikan dalam porsi/gelas yang besar

4. Macchiato
Macchiato merupakan espresso yang ditambah dengan sedikit susu (steam milk) tanpa diaduk tapi terlihat seperti diendapkan dibagian atas espresso agar melapisinya. Ada dua macam jenis macchiato yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Jika espresso macchiato adalah segelas espresso yang dituangi sedikit susu, maka latte macchiato adalah sebaliknya yaitu segelas susu yang ditambah sedikit espresso.

5. Frappe
Racikan kopi ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Frappe terbuat dari kopi instan, air, gula dan es batu. Racikan kopi ini pertama kali diciptakan oleh Dimitrios Vakondios pada September 1957.

6. Frappuccino
Istilah frappuccino berasal dari kombinasi antara frappe dan cappuccino. Frappe sendiri adalah istilah untuk milk shake yang kental. Racikan frappuccino ini diciptakan oleh Coffe Conection di Boston, kemudian hak cipta frappuccino di beli oleh Starbucks.

7. Marocchino
Racikan kopi marocchino berasal dari Italia. Marocchino ini terbuat dari espresso yang ditambah dengan sedikit susu buih dan coklat bubuk. Kopi ini memiliki rasa yang manis dan lembut.

8. Mochaccino
Nama mocca berasal dari sejenis kopi asli dari Mocha, Yaman. Racikan mochaccino berasal dari campuran espresso dengan coklat dan susu. Target dari racikan mochaccino adalah para pecinta kopi yang juga menyukai coklat.

9. Caffè Latte
Latte berasal dari bahasa Italia yang berarti susu, namun racikan kopi ini populer di Amerika. Racikan kopi ini memadukan antara espresso dan susu. Sebagian barista berkata kalau perbandingan antara kopi dan susunya adalah 3:1, dan sebagian yang lain 4:1. Intinya adalah jumlah kopi yang digunakan adalah lebih banyak dari susu. biasanya para barista menjadikan busa dipermukaannya sebagai karya seni dengan menggambar suatu objek tertentu.

10.  Flat White
Racikan flat white adalah salah satu jenis racikan kopi yang berasal dari Selandia baru dan Australia. Racikan kopi ini disajikan dengan tambahan susu (steamed milk) dibagian bawah pitcher ke sigle dan biasanya disajikan dalam gelas yang besar.

11.  Long Black
Long black merupakan racikan kopi yang terkenal di Australia. Racikan kopi adalah espresso encer yang dibuat dengan menuangkan espresso diatas air yang panas. Ingat, urutannya adalah air panas lalu espresso. Bahan biji kopi yang digunakan dalam racikan ini biasanya adalah biji kopi asal Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

12.  Granita
Racikan granita adalah jenis minuman kopi yang biasa disajikan dalam kondisi dingin dan ditambah whipped cream diatasnya.

13.  Irish Coffee
Racikan irish coffe merupakan jenis racikan kopi hitam yang dicampur dengan minuman jenis liqeuerLiquer adalah jenis minuman beralkohol yang mempunyai rasa manis, karena sudah di tambah kadar gula didalamnya sekitar 2,5 %.

14.  Hammerhead
Racikan hammerhead adalah jenis racikan kopi yang berisi espresso didalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi.

15.  Kopi Luwak
Kopi luwak merupakan jenis racikan kopi khas Indonesia. Racikan ini menggunakan biji kopi yang dipilah dari kotoran luwak, yaitu binatang liar sejenis musang. Kopi ini sangat digemari karena memiliki cita rasa yang sangat unik dan berkualitas. Kopi jenis ini termasuk kopi yang paling mahal di dunia.

16.  Kopi Tubruk
Kopi tubruk merupakan minuman kopi asli Indonesia yang dibuat dengan mendidihkan biji kopi bersama dengan gula. Biji kopi ditumbuk secara tradisional dan masih banyak butiran kasarnya. Nikmat meminum kopi ini adalah ketika menggigit dan menghisap butiran kasar kopi.

17.  Kopi Kothok
Kopi kothok sebenarnya kopi biasa, tapi yang membuatnya luar biasa adalah cara pembuatannya. Sehingga didapatkan racikan kopi yang memiliki aroma begitu kuat dan segar. Cara penyajiannya adalah bubuk kopi dan gula direbus bersama dengan air dalam rantang atau gerabah hingga benar mendidih dan panas.

18.  Kopi Joss
Racikan kopi ini begitu terkenal di Yogyakarta. Sebenarnya kopi joss bisa ditemui dimana saja, namun hanya di Yogyakarta lah tempat yang paling nikmat untuk menikmatinya. Hal yang paling membuatnya berbeda dengan jenis kopi yang lain adalah cara penyajiannya. Didalam segelas kopi panas ditambah arang/bara api.

Ragamnya racikan kopi saat ini, tentunya untuk menghasilkan rasa yang memuaskan tidak hanya di tentukan pada saat meracik kopi itu sendiri, tetapi itu semua tidak lepas dari kualitas biji kopi yang terpilih, dan setelah itu proses roasting, karena banyak karaktristik rasa kopi yang di hasilkan dari proses roasting.

Coffeeland Indonesia menyediakan beberapa biji kopi yang berkualitas yaitu Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin dari beberapa daerah Indonesia yang sudah dikenal baik di dalam maupun di luar negri. Ada beberapa jenis kemasan Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin untuk anda coba, agar anda bisa menemukan karakter rasa kopi apa yang cocok untuk memanjakan lidah anda. Kemasan yang tersedia mulai dari 125gr, 250gr, 500gr hingga 1Kg.

Adapun Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin yang tersedia di Coffeeland yaitu : Kopi Arabica Aceh Gayo Specialty, Kopi Arabica Toraja Specialty, Kopi Arabica Flores Specialty, Kopi Arabica Bali Specialty, Kopi Arabica Java Specialty, Kopi Arabica Malabar Specialty, Kopi Arabica Mandheling Specialty, Kopi Arabica Wamena Specialty, dan Kopi Arabica Blue Korintji Specialty.

Untuk pemesanan silahkan Order via What’sApp : Klik disini!

 

 

Source : 1

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *