SAATNYA MENGHITUNG KALORI DALAM KOPI FAVORIT ANDA

Tidak lengkap rasanya kalau tidak mengawali hari dengan secangkir kopi. Jadi, begitu sampai di kantor, yang kita lakukan biasanya menyalakan komputer, membaca email sambil ditemani secangkir kopi favorit yang nikmat. Sore harinya, ketika tubuh mulai lemas dan mengantuk, kopi lagi-lagi yang dipilih menjadi minuman penyemangat.

Bagi beberapa orang, melakukann diet dengan cara mengkonsumsi kopi pada saat sarapan diyakini lebih sehat karena jumlah kalorinya sedikit dan diakui lebih efektif memberi rasa kenyang. Namun benarkah demikian? Jumlah kalori dalam kopinya sendiri mungkin tidak banyak, tetapi bagaimana dengan tambahan lainnya?

Mungkin selama ini tidak banyak yang mengetahui jumlah kalori, gula, dan lemak yang terkandung dalam setiap jenis kopi. Padahal, semakin berlimpah cita rasanya, pasti semakin tinggi kalorinya. Sebelum terlanjur menimbun asupan kalori dan menambah lebar lingkar pinggang, ada baiknya anda cermati detail kalori dan gizi dari kopi kesukaan anda.

Espresso

Jenis kopi yang satu ini memiliki kandungan kafein yang sangat kuat. Satu shot espresso mengandung 80-100 mg kafein, 5 kkal kalori, serta 0 gr gula, lemak, dan nutrisi. Hal ini dikarenakan espresso disajikan tanpa susu dan campuran apapun. Kabar baiknya, minuman ini paling aman bagi anda yang sedang diet.

Cappuccino

Cappuccino terbuat dari kombinasi espresso dan steamed milk, yang di atasnya dilapisi foam susu tebal. Dalam segelas cappuccino, terdapat 75 mg kafein, 6 gr protein, 6 gr lemak. Jumlah kalorinya berkisar 150 kkal jika menggunakan susu full cream ataupun 95 kkal jika menggunakan susu low fat.

Latte

Segelas latte terbuat dari espresso dan steamed milk, yang dituangkan lebih banyak jika dibandingkan dengan campuran susu pada cappuccino. Dalam segelas latte terdapat 75 mg kafein, 10 gr protein, 9 gr lemak, 30 persen kalsium. Jika dihitung-hitung, latte mengandung 180 kkal jika ditambah susu full cream dan 100 kkal jika menggunakan susu low fat.

Mocha Frapuccino

Minuman mocha frapuccino adalah jenis minuman epresso yang ditambahkan dengan steamed milk, sirup cokelat, dan whipped cream. Mocha frappuccino mengandung paling banyak kalori, yaitu total 310 kkal, 80 mg kafein, dan 10 gram lemak jenuh. Meminum segelas kopi ini sama saja seperti makan 1 batang cokelat dengan kandungan lemak yang lebih banyak. Ups!

 

Americano

Americano adalah espresso yang ditambahkan dengan air panas, kemudian di atasnya ditambahkan krim. Pada umumnya, americano mengandung kafein 2 kali lipat dari espresso, yaitu sekitar 120-160 gr. Dalam segelas americano, mengandung 90 kalori yang didapatkan dari krim tersebut.

 

Macchiato

Macchiato adalah minuman kopi yang terdiri dari dua shot epresso dan dituangkan dalam steamed milk. Biasanya dalam segelas macchiato terdapat 4 gr susu, 80 gr kafein, dan 90 kalori. Macchiato memiliki kafein yang cukup kuat, yaitu hampir sama dengan 1 shot espresso. Hanya saja, macchiato memiliki kandungan susu. Jadi, untuk para penikmat kopi yang tidak suka dengan rasa pahit dari espresso bisa memilih kopi yang satu ini.

Jadi mulai sekarang, sesuaikan asupan kalori dalam sehari dengan menghitung kalori minuman kopi favorit anda.

Source: 1, 2, 3, 4, 5