tirto.id - Jumlah kedai kopi di kota-kota besar makin menjamur. Mereka tak hanya menawarkan kopi yang khas dan nikmat, tetapi juga tempat ngopi yang menawan. Kedai kopi ini bermunculan sejalan dengan tren gaya hidup "ngopi cantik" yang sedang menghinggapi milenial.

Tak hanya artis, warga biasa juga tidak ingin ketinggalan untuk mencicipi bisnis kedai kopi. Al Junishar—warga asal Aceh—mendirikan kedai kopi di Jalan Taman Setiabudi, Jakarta Selatan pada Juni 2017, atau baru berumur sekitar 9 bulan. 
Sejak dibuka hingga sekarang, pengunjung Fakultas Kopi terus meningkat. Rata-rata jumlah pengunjung mencapai 150-200 pengunjung per harinya.

Nah….  saatnya menyimak hasil wawancara Tirto kepada Micko mengenai Coffeeland Indonesia selaku owner.

Tingginya minat masyarakat membuka kedai kopi akhir-akhir ini juga diakui oleh Coffeeland Indonesia, selaku penyedia bisnis kedai kopi. Sejak 2015 hingga saat ini, Coffeeland sudah bermitra dengan 35 pemilik kedai kopi.

“Kalo bicara minat, hampir setiap hari ada saja yang menanyakan peluang usaha kedai kopi. Traffic ke situs kami itu saja bisa mencapai 400 pengunjung per harinya,” ujar Micko Irawan, Pemilik Coffeeland Indonesia kepada Tirto.

Micko menceritakan Coffeland didirikan sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki kedai kopi, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Apalagi, menjalankan kedai kopi juga tidaklah mudah.

Banyak hal yang harus dikerjakan untuk menghasilkan kopi yang baik, mulai dari mencari bahan baku yang baik, mengolah biji kopi dengan standar internasional, cara menyajikan kopi kepada pelanggan dan lain sebagainya.

Awalnya, konsep bisnis Coffeeland mirip seperti perusahaan waralaba. Namun saat ini sudah berubah. Kini, Coffeland memberikan ruang bagi mitra bisnisnya untuk memakai merek sendiri, sesuai dengan keinginan mereka.

Dengan demikian, pemilik kedai kopi hanya perlu membayar biaya di awal untuk memulai bisnisnya, dan memiliki kebebasan untuk terus mengembangkan bisnisnya sesuai keinginan, di masa yang akan datang.

Layanan yang diberikan Coffeeland kepada mitranya bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari menyediakan bahan baku, mesin kopi, perlengkapan kedai kopi, pelatihan karyawan hingga peralatan penunjang dan lain sebagainya.

Untuk menyesuaikan dengan kantong calon mitra bisnis, Coffeeland menawarkan tiga jenis paket usaha, yakni paket Mini Coffee dengan nilai investasi Rp72,5 juta, Coffee Shop senilai Rp92,5 juta dan Coffee House sebesar Rp145 juta.

Selain permintaan kopi yang tinggi, daya tarik bisnis kedai kopi juga didorong dari margin keuntungan yang cukup besar. Rata-rata margin keuntungan dari kedai kopi mencapai 35-40 persen dari total penjualan.

Info lengkap mengenai Paket Usaha yang di tawarkan Coffeeland Indonesia :

Pangsa Pasar Masih Terbuka Lebar

Lantas, dengan jumlah kedai kopi yang sudah menjamur ini, masih adakah pangsa pasar yang bisa diambil oleh warga yang ingin membuka kedai kopi baru?

Micko menilai pangsa pasar kedai kopi masih terbuka lebar. Pasalnya, kebutuhan akan kedai kopi masih akan terus tumbuh setiap tahun. Hal ini juga didorong dari gaya hidup generasi milenial yang gemar berkumpul.

Senada, Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) menilai pangsa pasar yang dapat digarap pelaku kedai kopi masih terbuka lebar mengingat tingkat konsumsi kopi di dalam negeri terus meningkat.

“Dulu, tingkat konsumsi kopi masyarakat Indonesia itu 0,8 kg per kapita. Tahun lalu, sekitar 1,2 kg per kapita. Tahun ini, mungkin bisa sampai sekitar 1,4-1,5 kg per kapita,” kata Pranoto Sunarto, Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat AEKI kepada Tirto.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 72,5 juta hingga 145 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

Source : 1

Coffeeland Indonesia