SERING MENGANTUK SAAT BEKERJA? COBA COFFEE NAPS!

Pastinya anda pernah merasakan mengantuk di tempat anda bekeja pada jam-jam rawan seperti pada saat jam makan siang. Pilihan andapun umumnya hanya sebatas tidur siang sebentar atau meminum kopi agar rasa kantuk anda hilang dan dapat mengembalikan semangat dan tenaga anda dalam bekerja.

Namun, tahu kah anda jika tidur siang 10 – 20 menit setelah menikmati secangkir kopi dapat memompa semangat dan tenaga anda kembali?  Tidur siang dan kopi adalah dua hal yang berbeda, tetapi saat melakukan coffee nap keduanya bersatu untuk membuat tubuh anda bekerja lebih baik dari biasa. Ya, Coffee Nap ini adalah cara tidur siang yang sangat efektif dan diyakini lebih baik dari sekedar minum kopi atau tidur siang itu sendiri, dan ini sudah diakui oleh para ilmuan.

Source

Untuk memahami cara kerja coffee nap, anda perlu memahami bagaimana kafein masuk kedalam tubuh. Kafein yang masuk ke dalam tubuh mudah terbawa aliran darah dan masuk ke otak melewati membrane penghalang antara darah dan otak. Di otak, terdapat reseptor adenosin. Molekul kafein yang secara struktur mirip dengan adenosin akan mengikat reseptor adenosin tersebut dan menghalangi sel otak untuk mengikat adenosin. Oleh karena itu, kafein bertindak sebagai inhibitor kompetitif. Adenosin ditemukan di setiap bagian tubuh karena berperan dalam metabolisme energi-ATP dan diperlukan untuk sintesis RNA. Adenosin pada otak befungsi melindungi otak dengan menekan aktivitas saraf dan meningkatkan aliran darah pada otot. Konsentrasi adenosin pada otak dijaga agar tetap dalam jumlah yang seimbang, karena itu secara alami tubuh kita akan mengirimkan sinyal “mengantuk” jika kadar adenosin meningkat.

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah dengan menyaingi fungsi adenosin, salah satu senyawa dalam sel otak yang membuat orang mudah tertidur. Namun berbeda dengan ikatan adenosin asli dengan reseptor, kafein tidak memperlambat gerak sel tubuh. Lama kelamaan sel-sel tubuh tidak akan bekerja lagi terhadap perintah adenosin. Kafein akan membalikkan semua kerja adenosin, sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebih lebar, namun jantung juga akan berdetak lebih cepat, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.  Dan disini lah coffee nap bekerja, tidus secara alami menghilangkan adenosin dari otak.

Tidur siang selama 20 menit cenderung memasuki tahapan tidur yang dalam, dan kafein juga membutuhkan waktu 20 menit untuk bisa sampai ke resptor di dalam otak. Dan dengan demikian anda menjadi lebih segar dan bersemangat ketika anda terbangun.

Source:

CARA MELAKUKAN COFFEENAP:

  • Buatlah kopi favorit anda, pilih biji terbaik, dan seduhlah dengan cara yang anda sukai
  • Nikmati kopi yang sudah anda seduh
  • Tidurlah ditempat yang nyaman
  • Pasang alarm sekitar 20 menit, pastikan alrm tidak rusak, karena anda harus terbangun dalam waktu 20 menit agar anda tidak memasuki tahapan tidur yang lebih dalam.
  • Rileks, dan cobalah pejamkan mata anda.
  • Saat bangun bisa dipastikan energi dan semangat anda akan bertambah dua kali lipat.
  • Selamat mencoba.

Source: 1, 2.