Setiap pecinta kopi mempunyai selera masing-masing dalam menikmati kopi. Tetapi, apapun jenis kopinya, dan bagaimanapun cara penyajiannya sudah wajib hukumnya untuk dapat menikmati biji kopi yang berkualitas. Kopi dapat dikatakan berkualitas jika semua proses dilakukan dengan benar tanpa adanya kesalahan, mulai dari penanaman bibit hingga proses penyajian.

Namun, bagi sebagian orang mungkin tidak tahu bagaimana cara memilih biji kopi yang berkualitas, Sebelum anda membeli biji kopi ada baiknya anda membaca ulasan ini terlebih dahulu, berikut cara memilih biji kopi yang baik:

  1. Melihat / Memeriksa Tanggal Sangrai. 

Langkah pertama saat anda membeli biji kopi adalah pastikan bahwa anda harus mengetahui kapan biji kopi tersebut disangrai. Hal ini sangat penting untuk memastikan anda mendapatkan kopi yang masih segar atau fresh. Jika anda mendapatkan kopi yang masih fresh, maka kualitas kopi tersebut biasanya juga sangat baik.

  1. Mencium Aroma Biji Kopi

Selanjutnya, anda dapat mencium aroma biji kopi nusantara atau kopi lain yang anda beli dari penjual kopi. Dengan cara ini, anda dapat mengetahui apakah biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik atau biasa-biasa saja. Jika biji kopi memiliki aroma yang tebal, maka kualitasnya pun sudah dapat dipastikan baik. Namun, jika biji kopi tidak tercium wanginya, maka kualitasnya pun meragukan.

  1. Membeli dalam Jumlah Sedikit Terlebih Dahulu

Jika anda menemukan jenis kopi baru yang baru pertama kali anda temui, maka sebelum membeli dalam jumlah banyak, ada baiknya anda membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Jika anda sudah merasa cocok dengan bji kopi nusantara tersebut, maka anda dapat membeli dalam jumlah banyak atau sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Pahami Kualitas Biji Kopi

Untuk dapat dengan mudah menentukan atau mengetahui kualitas kopi nusantara, maka akan lebih baik jika anda mencari banyak referensi mengenai kualitas sebuah kopi. Selain itu, anda dapat pula mencari banyak rekomendasi dari beberapa teman yang telah mencoba sebuah kopi atau mengenai rekomendasi agen kopi terbaik. Anda juga dapat memperoleh informasi dan rekomendasi dari beberapa forum diskusi pecinta kopi online serta mencari referensi dari para ahli kopi yang telah berpengalaman.

  1. Lakukan Eksperimen dengan Biji Kopi Lain

Meskipun anda telah mencoba dan merasa cocok dengan salah satu jenis kopi nusantara tertentu, ada baiknya dan sangat disarankan untuk tetap bereksperimen dengan cara mencoba biji kopi dengan jenis yang berbeda. Mengapa? Selain dapat menambah pengetahuan anda, hal ini juga akan membuat anda lebih peka untuk dapat membedakan mana kopi yang memiliki kualitas baik dan mana biji kopi yang memiliki kualitas biasa saja. Untuk dapat mengetahui biji kopi berkualitas bagus yang anda beli dari agen kopi, maka seduhlah kopi tersebut tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya.

Itulah 5 tips yang dapat anda lakukan dalam menentukan dan mengetahui kualitas biji kopi yang baik. Untuk Pemesanan Kopi Arabika asli Indonesia, Coffeeland menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :  

Source: 1, 2.

 

Coffeeland Indonesia