Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Mumpung daging hewan kurban melimpah ruah, sangat disayangkan jika tidak dimasak dengan trik yang tepat. Kali ini kami ingin berbagi tips membuat daging agar cepat empuk, baik daging sapi maupun daging kambing. Memasak daging merah seperti halnya daging sapi dan kambing, memang memerlukan tantangan tersendiri agar tekstur daging empuk saat dikunyah. Umumnya, untuk memperoleh tekstur daging yang empuk, proses pemasakan dilakukan dengan cara daging dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian direbus dengan waktu yang relatif lama. Cara tersebut memang bisa menghasilkan tekstur daging yang empuk. Namun ternyata kelembutan tekstur serta sensasi juicy pada daging akan berkurang karena efek dari proses perebusan daging yang terlalu lama.

Sebenarnya mengolah daging sapi / kambing tidaklah sulit. Bumbu yang digunakan hanya berupa lada serta garam, namun untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk, Anda harus menggunakan bagian daging sapi yang berkualitas, dan teknik memotong daging pun harus tepat. Anda juga bisa membuat daging menjadi empuk dengan menggunakan beberapa bahan makanan salah satunya adalah kopi.

Kenapa kopi? Karena kopi dipercaya dapat mengempukan daging. Selain mudah diperoleh, bahan ini juga cukup terjangkau dan memberikan cita rasa lezat pada olahan daging yang akan Anda masak.

 

Cara menggunakannya, yaitu :

  1. Membuat larutan kopi tanpa gula, setelag larutan kopi sudah dingin kemudian rendam daging dengan larutan kopi tersebut selama beberapa saat.

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Menaburkan bubuk kopi ke atas daging secara merata, diamkan beberapa saat agar meresap, bilas daging dengan air bersih, dagingpun siap untuk diolah.

Rasa kopi mungkin saja menyerap ke dalam daging namun itu akan menghasilkan daging yang empuk dengan aroma yang sedap ketika daging dibakar. Selamat mencoba.

 

 

 

 

Source: 1, 2

 

 

Coffeeland Indonesia