Kopi bukan sekedar air hitam pekat, minuman tersebut memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, telah mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan.

Kebiasaan minum kopi, tidak bisa dihentikan dengan mudah apalagi ketika menjelang bulan puasa. Rutinitas  tersebut terpaksa harus dikurangi agar tidak berdampak pada keseharian anda. Biasanya ketika anda berhenti minum kopi, anda akan merasa lelah bahkan pusing.

Oleh karena itu, sebelum memasuki bulan puasa, sebaiknya anda mengurangi konsumsi kopi. Misalnya, jika terbiasa minum 3 gelas per hari, maka dua minggu sebelum puasa Ramadhan jadi 2 gelas perhari, lalu seminggu sebelum berpuasa mulai mengganti kopi menjadi kopi rendah kafein atau tanpa kafein. Namun bagaimana jika anda ingin tetap mengkonsumsi kopi di bulan puasa? Berikut ini tipsnya:

  • Minum Kopi pada Saat Sahur. Anda yang terbiasa minum kopi di pagi hari, maka dapat mengganti waktunya pada saat sahur. Sebaiknya anda mulai minum kopi setelah makan sahur dan jangan lebih dari satu cangkir.  Saat sahur juga diharuskan mengonsumsi air putih lebih banyak untuk mengatasi dehidrasi tubuh. Ketika anda mengonsumsi kopi pada saat sahur, anda akan memiliki energi untuk melanjutkan ibadah dan dapat berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan aktifitas di pagi dan siang harinya.
  • Minum Kopi setelah Berbuka. Jangan mengonsumsi kopi saat adzan maghrib tiba karena kafein akan meningkatkan pelepasan asam lambung di perut anda yang masih kosong. Akibatnya anda akan mengalami gangguan pencernaan. Lebih baik anda minum kopi dua jam setelah berbuka puasa. Saat berbuka puasa lebih baik mengonsumsi makanan manis terlebih dahulu, air yang cukup lalu menikmati makanan utama. Sesaat sebelum atau akan memulai shalat Isya dan Tarawih baru lah anda dapat minum kopi, anda pun akan lebih khusyuk tanpa rasa mengantuk.
  • Mengonsumsi Kopi yang Segar. Kopi segar yang dimaksud adalah biji kopi yang tidak terlalu lama disangrai dan tidak terlalu lama disimpan. Hindari mengonsumsi kopi sachet atau kopi ready to drink karena kandungan kopinya tidak 100% asli dan bisa mengganggu kesehatan.
  • Mengonsumsi Air yang Cukup. Tidak seperti hari-hari biasanya, di bulan puasa anda tidak disarankan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Anda perlu mengimbangi asupan kafein dengan perbanyak meminum air agar tubuh seimbang dan anda dapat menjalankan puasa lebih maksimal.

Kami segenap tim dan keluarga besar Coffeeland Indonesia mengucapkan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Source : 1, 2

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *