Konsumsi kopi masyarakat Indonesia memang terus meningkat hingga 1,3 kg per kapita per tahunnya. Namun jumlah tersebut masih lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat yang konsumsinya mencapai 4,3 kg per kapita, Austria 7,6 kg per kapita dan Belgia 8,0 kg per kapita. Sebagai negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia, seharusnya Indonesia tidak kalah dengan negara-negara importir kopi. Dengan begitu, seharusnya kita tidak kesulitan untuk mendapatkan biji kopi terbaik. Ini adalah peluang anda untuk meningkatkan tren konsumsi kopi melalui strategi pemasaran tepat.

Bisnis kedai kopi anda akan berhasil meraup omzet besar apabila menerapkan strategi pemasaran berikut ini:

  1. Mengutamakan kualitas produk. Meskipun harga kopi relatif lebih mahal dibanding produk sejenis, tapi apabila citarasa dan aroma kopi dapat memuaskan konsumen. Hal ini akan menjadi kelebihan kedai kopi anda.
  2. Memposisikan dirinya sebagai rumah ketiga. Sejak awal, ciptakan kedai kopi anda sebagai “rumah ketiga” bagi semua orang yang berpergian dari rumah dan tempat kerja. Jadi kedai kopi bukan sekedar tempat untuk membeli secangkir kopi, melainkan sebuah tempat berkumpul untuk bersosialisasi dan berdiskusi, terutama bagi para pelajar dan para profesional muda. Pengalaman dan atmosfer yang unik dan menenangkan ini menjadi konsep yang sangat kuat, sehingga konsumen merasa sangat tertarik dengan Kedai Kopi anda.
  3. Kepuasan pelanggan. Dari pintu masuk ke dalam kedai kopi hingga tetes kopi terakhir, konsumen harus bisa merasakan keunikan dalam pengalaman mencicipi kopi di Kedai Kopi Anda.
  4. Inovasi. Ciptakan ide kreatif dan inovatif dalam menambahkan pilihan produk atau jasa. Mereka menambahkan rasa yang berbeda pada kopi mereka, menambahkan menu makanan, dan juga menjadi salah satu yang pertama dalam menyediakan fasilitas internet di toko mereka.
  5. Pemilihan lokasi. Dalam memilih lokasi, pilih di area-area tertentu sehingga membuatnya sangat mudah ditemui di jalanan-jalanan kota. Sedangkan mindset strategi pemasaran tradisional justru menentang penempatan toko yang berdekatan karena dapat memotong penjualan dari outlet-outlet yang ada.
  6. Eskistensi di Media Sosial. Dua cara untuk memperkuat eksistensi di media sosial, yaitu dengan cara meningkatkan engagement di media sosial dan beriklan. Lakukan posting setiap hari di seluruh akun media sosial dan lanjutkan promosi dengan memperbanyak kuis berhadiah voucher kopi atau giveaway lainnya dengan rutin.
  7. Luncurkan promo untuk momen atau hari tertentu. Jangan ragu meluncurkan promo diskon. Misalnya target market anda adalah pekerja kantoran, jadi tawarkan diskon 25% kopi dan cemilan pukul 18.30-21.00. Dengan begitu, konsumen anda tertarik untuk datang ke Kedai Kopi anda. Strategi ini lebih tepat untuk kedai kopi yang baru diluncurkan, tapi tidak perlu setia harim hanya di momen tertentu.
  8. Membuat website. Sebuah brand yang memiliki website akan memperkuat brand awareness kedai kopi anda di masyarakat. Buat desain dan konten yang menarik, juga ramaikan website anda dengan foto-foto menu makanan dan minuman yang disajikan, serta informasi harganya. Jangan lupa memuat artikel edukasi seputar kopi dan kuliner.

Setelah membahas strategi pemasaran di atas, anda akan berpikiran kalau pemasaran membutuhkan dana. Padahal Kedai Kopi anda baru dibuka dan dana sudah habis untuk sewa tempat, gaji karyawan dan sebagainya.

***

Oleh karena itu, Coffeeland hadir untuk menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Kami akan menjadi partner anda, sehingga hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket instalasi senilai kurang lebih 150 juta rupiah. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti apapun.

Coffeeland telah memiliki banyak mitra Kedai Kopi yang sukses di berbagai wilayah Indonesia seperti di Flores, Kalimantan, Jawa hingga Sumatra. Salah satu mitra kami bahkan memiliki omset 5 juta per hari.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

Source: 1, 2

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *