Di Indonesia banyak perantau, baik dari luar kota maupun luar pulau untuk mencari nafkah atau bersekolah jauh dari kampung halaman. Sehingga tradisi mudik tidak pernah terlewatkan setiap tahunnya. Terutama dikarenakan waktu untuk libur lebaran biasanya lebih panjang daripada libur di hari lain. Orang-orang memiliki banyak waktu untuk pulang kampung ataupun berkunjung ke sanak saudara yang berada jauh di luar kota atau di luar pualau, khususnya untuk mengunjungi orang tua. Pemudik di hari lebaran bisa mencapai puluhan juta per tahun. Itu sebabnya, ketika anda melaksanakan mudik jangan lupa membawa bekal kopi dan hand coffee grinder.

Menyajikan secangkir kopi di suasana yang istimewa dan meriah di hari Idul Fitri akan terasa berbeda. Meskipun di hari lebaran banyak tersaji berbagai jenis minuman khas Indonesia, tapi kita dapat menikmati cita rasa dan menghirup aroma kopi di sela bincang santai dan temu kangen bersama warga dan saudara. Apalagi jika secangkir kopi disajikan dengan kue khas lebaran.

Berikut ini beberapa menu olahan makanan dan minuman berbahan kopi seperti puding, bolu kukus, kue kopi, dan berbagai olahan es kopi. Sajian kopi di Hari Raya Idul Fitri ini bisa dengan mudah anda buat, murah, dan yang terpenting nikmat.

Puding Kopi

Aneka olahan kopi, makanan dan minuman

Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
100 gram gula pasir
1 sendok makan susu bubuk
1 sendok makan kopi instan
1 sendok makan tepung beras
600 ml air, garam secukupnya.

Cara membuat Olahan Puding Kopi:
Campur susu bubuk, kopi instan, dan tepung beras ke dalam 200 ml air, aduk sampai rata. Kemudian campurkan agar-agar dan gula pasir. Tuang 400 ml air, aduk rata. Tambahkan larutan kopi instan dan susu bubuk ke dalam larutan agar-agar sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Lalu masak di atas api kecil hingga mendidih. Setelah matang, tuangkan ke dalam loyang yang telah dibasahi air, dan biarkan dingin dan simpan dalam lemari es. Setelah dingin, baru lah anda dapat memotong sesuai selera dan puding kopi siap disajikan.

Bolu Kukus Kopi

Aneka olahan kopi, makanan dan minuman

Bahan:
2 butir telur
100 ml air
150 gram gula halus
150 gram tepung terigu
1 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh kopi instan (larutkan dengan air panas)
1 sendok teh pengembang kue

Cara membuat Olahan Bolu Kukus Kopi:
Campur semua bahan kecuali larutan kopi instan, kocok dengan mesin pengocok kue kecepatan tinggi selama kurang lebih 5 menit sampai adonan mengental. Masukkan larutan kopi, aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi dengan kertas roti atau kertas muffin hingga cetakan penuh. Panaskan panci pengukus, kukus adonan selama kurang lebih 10 menit hingga matang dan mekar. Lalu angkat, lepaskan dari cetakan, dan sajikan.

Es Moka Kopi

Aneka olahan kopi, makanan dan minuman

Bahan:
500 ml air panas
1 sendok makan kopi instan
½ kaleng susu kental manis rasa cokelat
50 gram cokelat masak (lelehkan)
Bubuk kayu manis secukupnya untuk tabura
Es batu secukupnya dan whipping cream siap pakai secukupnya.

Cara membuat Olahan Es Moca Kopi:
Siapkan gelas cantik, isi dengan es batu. Seduh kopi dengan air panas, aduk rata. Tambahkan susu kental manis, aduk rata kembali. Tuangkan ke dalam gelas, hias dengan whipping cream dan cokelat masak yang telah dilelehkan, taburi dengan kayu manis. Sajikan selagi dingin.

Kue Kopi

Aneka olahan kopi, makanan dan minuman

Bahan:
125 gram tepung terigu
1 sendok teh kopi instan
3 putih telur
100 gram gula pasir
100 gram almond (cincang kasar)
100 gram manisan ceri kering (cincang kasar).

Cara membuat Olahan Kue Kopi:
Panaskan oven 170 derajat celcius. Olesi loyang loaf ukuran 24×7 cm dengan minyak goreng, sisihkan. Campur tepung dan kopi, aduk rata. Dalam wadah lain, kocok putih telur hingga berbuih, masukan tepung kopi, aduk rata. Tambahkan almond an ceri, aduk hingga rata. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang sekama kurang lebih 30 menit. Keluarkan loyang dari oven, biarkan dingin. Keluarkan kue dari loyang, bungkus dengan alumunium foil. Diamkan 1-2 hari dengan suhu ruangan. Di hari berikutnya, panaskan oven 120 derajat celcius. Gunakan pisau tajam, iris kue tipis-tips. Tata kembali di atas loyang dan panggang kembali sampai kering dan renyah selama 45 menit. Kemudian biarkan kue dingin, lalu simpan dalam toples.

Kopi Jahe

Aneka olahan kopi, makanan dan minuman

Bahan:
500 ml air
2 sdm kopi
6 cm jahe (kupas, memarkan)
100 gram gula merah
4 sdm susu kental manis.

Cara membuat Olahan Kpi jahe:
Masak air sampai mendidih, masukkan jahe dan gula merah hingga larut. Masukkan kopi, aduk rata. Saring ampasnya, kemudian tambahkan susu kental manis dan kacang tanah sangrai jika suka atau bisa juga menggunakan potongan roti tawar.

***

Selain menyajikan makanan dan minuman olahan kopi untuk tamu yang berkunjung, tradisi lainnya saat Hari Raya adalah saling mengirim makanan ke tetangga atau sanak saudara. Bentuk silaturahmi tersebut untuk menjaga tali persaudaraan antar warga. Salah satu paket makanan yang bisa anda berikan adalah bingkisan kopi lebaran, terutama untuk tetangga dan saudara yang hobi minum kopi.

Coffeeland juga menyajikan bingkisan: Arabika Papua Wamena, Arabika Flores, Arabika Aceh Gayo, Arabika Bali Kintamani, Arabika Java, Arabika Malabar, Arabika Blue Korintji, Arabika Mandheling dan Arabika Toraja. Dengan kemasan yang tersedia: 1kg, 500gr, 250gr dan 125gr.

Untuk Pemesanan silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

Source: 1, 2

Pict Source: Here

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *