Rasio kopi : air = 15 gr : 225 ml

AeroPress mulai diperkenalkan oleh Alan Adler pada tahun 2005 dan menjelma menjadi alat manual brewing favorit para barista. Bentuknya pun fleksibel sehingga mudah dibawa kalau kamu traveling dan tak bisa lepas dari jenis kopi tertentu. Berikut adalah delapan langkah panduan seduh kopi menggunakan Aeropress :

Langkah 1

Gunakan 225 gram air mendidih. Timbang 15 gram kopi. Giling kopi dengan tekstur sedikit lebih halus dari pada garam laut (medium-coarse grind size).

Langkah  2

Masukkan saringan kertas ke dalam tutup plastik AeroPress yang bisa dilepas.

Langkah 3

Basahi kertas filter terlebih dulu untuk menghilangkan residu pada kertas filter. Sebaiknya, brew chamber atau tabung tempat meletakkan kopi juga dipanasi dulu atau pre-heat dengan menyiramkan air panas. Ini pun berlaku untuk alat lain, sampai cangkir yang akan kamu gunakan.

 

Langkah 4

Pasang AeroPress Anda. Pastikan seluruh rakitan kering, karena kelembaban sisa bisa membahayakan segel perangkat.

Langkah 5

Masukan bubuk kopi ke dalam brew chamber dan tuangkan air panas dengan temperatur air sekitar 90-96 C, gunakanlah air 30-45 detik setelah mendidih. Penuangan air kedalam kopi dilakukan secara perlahan dan merata sebanyak 30 ml lalu tunggu 45 detik agar proses blooming terjadi, lalu tuangkan air secara berulang hingga mencapai 225ml.

Langkah 6

Setelah satu menit berlalu diseduh, lalu aduk rata secara perlahan selama 10 detik.

Langkah 7

kemudian pasang plunger atau penutup Aeropress, pastikan terkunci ke dalam alur dengan kencang.

Langkah 8

Tekan plunger ke bawah sehingga kopi mulai menetes ke gelas yang ada di bawah. Jika dorongan itu terasa terlalu mudah, gumpalan Anda mungkin terlalu kasar; Jika sangat sulit ditekan, kemungkinan penggorengan terlalu bagus.

Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan mencoba semua kopi arabika nusantara. Semoga anda bisa menemukan kopi yang cocok dengan lidah anda.

Untuk Pemesanan Kopi Arabika asli Indonesia, Coffeeland menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

 

Source : Pict  
Source : 1, 2

Leave a Reply