CITA RASA DARI KOPI TUBRUK SPECIALITY

Indonesia memiliki kopi dengan cita rasa yang beragam. Disetiap daerah terdapat kopi yang memiliki ciri khas berbeda, seperti kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Lampung, sampai kopi Luwak yang sangat fenomenal. Pengolahan kopi yang khas membuat rasa dan profil kopi beragam. Kopi specialty di Indonesia semakin terkenal di mata dunia dan menjadi surganya bagi para penikmat kopi.

Menurut Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat, bisnis pengembangan industri pengolahan kopi memiliki prospek yang baik, apalagi jika dilihat tingkat konsumsi kopi di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis untuk meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. Apalagi jika dipicu dengan pertumbuhan kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat, bisa diprediksi bahwa hal tersebut akan mendongkrak tingkat konsumsi kopi di Indonesia.

Sejak dulu budaya minum kopi sudah menjadi bagian dari karakter masyarakat Indonesia. Kita bisa lihat di berbagai daerah, kopi menjadi teman keseharian saat bekerja, bertamu hingga perkumpulan dikalangan anak muda. Itu sebabnya, kopi menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Terutama kopi tubruk yang disajikan dengan mudah dan praktis, tidak perlu alat atau mesin kopi.

Kopi tubruk yang disajikan sangat tradisional, sederhana dan alami. Anda hanya perlu menyeduh kopi dengan air panas suhu standar 93 derajat celcius. Biasanya ampas kopi akan ikut dalam minuman kopi. Kopi tubruk membuat karakter dari kopi akan lebih terasa. Salah satu teknik manual brewing ini pun menjadi standar kopi untuk metode uji cita rasa kopi Cupping Coffee sesuai dengan cupping protocol SCAA.

Kualitas dan keunggulan kopi Indonesia sudah dikenal sejak lama di seluruh penjuru dunia. Konsumen elit di negara-negara di Eropa, penikmat kopi di Amerika, bahkan sampai ke pasar kopi yang sedang berkembang seperti di China, sudah mengenal eksklusifitas kopi Indonesia.

Cita rasa dari kopi tubruk specialty akan terasa lebih ketika kita tahu cara membuat kopi tubruk yang benar. Dibawah ini adalah cara-caranya yang bisa anda coba di rumah menggunakan Kopi Specialty Coffeeland Indonesia.

  1. Pilihlah kopi fresh roast, biarkan selama 3-4 jam untuk menghasilkan kualitas kopi terbaik.
  2. Ambil kopi sebanyak 10 gram, grinder dengan ukuran mes 15-20 (tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar).
  3. Jangan gunakan air mendidih atau yang lebih dari 100 derajat celcius. Lebih baik menyeduh kopi menggunakan suhu 93 derajat celcius (cupping protocol SCAA).
  4. Tuangkan air panas dengan volume 200 ml ke dalam cangkir yang telah berisi bubuk kopi.
  5. Diamkan selama empat menit. Hal ini agar seluruh karakter aroma serta rasa kopi keluar dengan sempurna dan kopi yang dihasilkan akan terasa nikmat.
  6. Disarankan Minum kopi tanpa gula atau jika ingin menambahkan gula, gunakan gula aren secukupnya.
  7. Kopi tubruk tetap dapat dinikmati dengan campuran lainya, misalnya susu, syrup atau krim.

Coffeeland Indonesia menyediakan jenis-jenis kopi berkualitas diantaranya kopi Arabica Bali Specialty, Arabica Blue Korintji Specialty, Arabica Flores Specialty, Arabica Gayo Specialty, Arabica Java Specialty, Arabica Malabar Specialty, Arabica Mandhelig Specialty, Arabica Toraja Specialty,dan Coffeeland Blend.

Source : 1, 2, 3

Leave a Reply