KARAKTERISITIK ARABIKA BALI KINTAMANI

 

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, bali juga terkenal dengan produk kopinya. Perkebunan kopi di Bali berlokasi di daerah Kecamatan Kintamani, di kawasan ini dikenal memiliki iklim dengan suhu udara yang dingin dan kering. Tanah vulkanik yang subur juga menjadi salah satu faktor yang membuat jenis tanaman kopi ini dapat dihasilkan dengan mutu yang tinggi.

Jenis kopi bali adalah arabika dan ditanam di tanah dengan ketinggian sekitar 900 mdpl. Ciri khas perkebunan kopi di Bali adalah adanya tanaman selain kopi di satu lahan yang sama, biasanya sayur dan jeruk. Pohon tersebut dikombinasikan dengan tanaman lain dan berada di bawah pohon penaung, lalu dikelola secara bersamaan dan diberi pupuk organik.

Karakteristik Arabika Bali Kintamani

Asam segar seperti jeruk (citrusy) merupakan karakteristik dari Kopi Bali Kintamani, selain itu aromanya yang eksotis dengan rasa jeruk yang dominan, menjadikan minum kopi yang satu ini tidak meninggalkan aftertaste didalam mulut. Body-nya medium dan aroma yang dihasilkan sangat kuat dan manis. Tidak ada rasa rempah (spice) seperti pada kebanyakan kopi di Indonesia, Kopi Bali Kintamani ini juga tidak terlalu pahit (bitter) dan juga tidak sepat (astringent).

Ada banyak metode penyajian yang nikmat untuk Kopi Bali Kintamani. Salah satunya adalah dengan cara tradisional, yaitu dengan metode tubruk dan diberi gula. Sajian seperti ini banyak dikonsumsi masyarakat lokal sejak dulu. Anda juga juga bisa menggunakan metode V60, dari metode V60 akan menghasilkan seduhan yang cenderung encer dan membuat karakter buah dari biji Kopi Bali Kintamani menjadi dominan.

Kopi Arabika Bali Kintamani menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif tersendiri dan telah banyak diminati oleh pecinta kopi dari Mancanegara. Tidak hanya dijual sebagai komoditas ekspor, Kopi Bali Kintamani juga dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Indonesia.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba karakteristik Arabika Bali Kintamani dirumah, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

.

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: tamandelta.com