MANFAAT KOPI PAHIT UNTUK TUBUH

Source

Kopi merupakan penyumbang terbesar dari kafein, sebuah stimulan yang membantu orang merasa lebih bersemangat. Kafein dari secangkir kopi hitam dapat sangat cepat terserap ke dalam darah hanya dalam waktu 20 menit, dan akan menetap dalam aliran darah selama lebih dari 12 jam. Tak lama setelah tegukan pertama anda, kafein yang kini ada di dalam aliran darah menyebabkan lonjakan detak jantung, tekanan darah, dan energi. Lalu, kafein mulai memengaruhi tingkat adenosin dalam otak. Inilah sebabnya mengapa setelah dua puluh menit sejak cangkir kopi terakhir anda, anda merasa bersemangat.

Dapat dikatakan, nilai kalori dari secangkir kopi adalah nol kalori. Secangkir kopi hitam tanpa gula tidak mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan sejumlah makronutrien penting lainnya, seperti kalsium dan serat.  Pada awalnya konsumsi minuman kopi sering disebutkan bisa menganggu kesehatan. Banyak orang yang mengira bahwa minuman kopi hitam akan menyebabkan masalah untuk jantung dan organ tubuh lain. Bahkan beberapa orang selalu mengalami insomnia karena sering minum kopi hitam. Sebenarnya minum kopi hitam memiliki manfaat kesehatan yang besar. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan.

 

  1. Sumber Antioksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak mengandung antioksidan dan berbagai sumber nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium memang sangat baik untuk tubuh karena bisa mengendalika kadar gula dalam darah. Selain itu magnesium dan kromium juga bisa menurunkan potensi kolesterol buruk dalam darah. Konsumsi minuman kopi tanpa gula secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit akut karena kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.

  1. Kopi Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia

Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi syaraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktifitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan syaraf. Hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002).

  1. Mengurangi Potensi Diabetes

Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Orang yang terbiasa mengkonsumsi kopi hitam secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Minuman kopi yang mengandung kafein ternyata juga bisa melindungi pria dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu beberapa jenis kanker lain yang bisa diminimalkan resikonya adalah kanker hati dan kanker payudara. Minum kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.

  1. Kopi Membuat Tubuh Lebih Bugar

Salah satu ahli kopi yang bernama Ory Hofmekler mengatakan jika konsumsi kopi dengan cara yang benar bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Minum kopi secara rutin akan membuat kesehatan otot menjadi lebih kuat. Namun syarat yang dibutuhkan ini adalah dengan manfaat kopi pahit tanpa gula atau seperti kopi rendah gula.

  1. Bisa Mendukung Diet

Kopi hitam tanpa gula akan menjadi minuman yang rendah kalori. Anda bisa membuat minuman ini untuk mendukung program diet. Anda tidak perlu merasa khawatir karena tidak ada gula dalam kopi sehingga kalori yang ditemukan juga rendah. Jika Anda menambah gula atau krim ke dalam kopi maka akan meningkatkan lemak dan kalori sehingga bisa meningkatkan berat badan. Jadi, lebih baik tetap minum kopi tanpa gula.

  1. Mendukung Kesehatan Tulang

Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menoupouse. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik. Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kopi mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi secara tidak langsung akan membentuk efek pada jantung seperti lemak , ang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini maka konsumsi kopi tanpa gula sangat disarankan.

  1. Kopi Membuat Anda tetap Aktif

Manfaat kopi pahit tanpa gula bisa membuat tubuh tetap aktif tanpa merasa mengantuk. Hal ini disebabkan karena kopi bisa meningkatkan kinerja otak yang dipengaruhi dari kandungan kafein. Kafein akan memicu sistem kerja otak sehingga Anda tidak akan merasa mengantuk atau lelah.

  1. Kopi Meningkatkan Produktifitas

Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

Kesimpulannya, mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memang sangat baik untuk kesehatan. Namun jika anda sudah memiliki beberapa gangguan kesehatan, sebaiknya minum kopi hitam tanpa gula dalam jumlah yang terbatas. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi efek buruk karena berlebihan minum kopi.

Source: 1, 2.

Leave a Reply