MENGENAL KOPI JAWA (JAVA), KOPI UNGGULAN PULAU JAWA

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Jenis minuman yang satu ini terbuat dari bahan dasar berupa biji kopi. Dari biji kopi inilah, maka dibuat sebuah minuman bercitarasa yang tinggi. Selain sebagai negara penikmat kopi, ternyata Negara Indonesia ini juga terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki biji kopi berkualitas super.  Salah satu jenis kopi yang terkenal enak adalah kopi jawa (java).

Sesuai dengan namanya, kopi jawa ini adalah salah satu kopi khas asli dari Pulau jawa. Jenis kopi yang satu ini tumbuh subur di Pulau Jawa. Kopi jawa ini mempunyai citarasa kopi yang khas, sehingga banyak orang yang menyukai kopi dari pulau yang terpadat di wilayah Negara Republik Indonesia.

Sejarah perkembangan Kopi Jawa (Java)

Pada tahun 1696 Wali Kota Amsterdam Nicholas Witsen memerintahkan komandan VOC di Pantai Malabar, Adrian van Ommen untuk membawa bibit kopi ke Batavia atau sekarang yang disebut Jakarta. Bibit kopi tersebut diujicoba pertama di lahan pribadi Gubernur-Jendral VOC Willem van Outhoorn. Hasil panen pertama kopi Jawa langsung dikirim ke Hortus Botanicus Amsterdam. Kalangan biolog di Hortus Botanicus Amsterdam kagum akan mutu kopi Jawa. Menurut mereka mutu dan cita rasa kopi Jawa itu diluar ekspektasi mereka, dan pada akhirnya dunia mengakui cita rasa yang mantap dan aromanya yang khas menjadi daya tarik Kopi Jawa. Seiring berjalannya waktu, istilah a Cup of Java muncul di dunia barat, hal ini mengesankan kopi Indonesia identik dengan Kopi Jawa.

Produksi kopi Jawa dari jenis Kopi arabika yang terkenal di dunia telah membuat banyak pengusaha Jawa sukses berdagang kopi. Harga kopi arabika yang banyak diproduksi di Jawa lebih mahal daripada kopi robusta.

Karakteristik Kopi Jawa (Java)

Ciri-ciri kopi Jawa hampir sama dengan kopi Arabica yaitu memiliki ukuran biji yang lebih kecil daripada kopi Robusta, kandungan kafein yang rendah, serta rasa dan aroma yang nikmat. Kopi Jawa mempunyai karakteristik beraroma tipis rempah dengan kekentalan dan keasaman medium dan rasa yang seimbang. Dengan metode giling basah, menjadikan cita rasa kopi Jawa yang tidak sekuat kopi dari Sulawesi maupun Sumatera. Meskipun begitu peminat kopi Jawa masih banyak karena aroma rempah dan herbal yang tidak semua dimiliki kopi nusantara.

Keunggulan Kopi Jawa (Java)

  1. Memiliki rasa yang unik

Salah satu keunggulan kopi jawa ini adalah memiliki cita rasa yang sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Seduhan kopi yang berasal dari tanah jawa ini biasanya memiliki aroma rempah-rempah yang sangat khas yang menjadikan kopi jawa berbeda dengan kopi dari daerah di wilayah Indonesia lainnya.

  1. Memiliki kualitas yang bagus

Kopi jawa dikenal memiliki kualitas biji kopi yang bagus yang dapat menciptakan secangkir seduhan kopi yang sangat nikmat dan bercita rasa tinggi.

  1. Memiliki aroma yang khas

Kopi jawa terkenal dengan aroma kopi yang sangat khas. Aroma kopi jawa ini terkenal sangat harum dan nikmat.

  1. Memiliki kekentalan yang tidak terlalu tinggi

Kopi jawa memiliki kekentalan yang tidak terlalu tinggi atau biasa dikatakan memiliki tingkat kekentalan yang medium. Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, maka orang sering mengatakan jika kopi jawa merupakan salah satu rajanya kopi.

Cara Menikmati Kopi Jawa (Java)

Kopi jawa memiliki cita rasa yang tinggi, sehingga banyak orang yang menyukainya. Untuk menikmati seduhan kopi jawa ini pun bervariasi, salah satunya caranya adalah tanpa menggunakan gula. Cara minum kopi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan rasa asli dari sebuah minuman kopi. Saat anda menikmati kopi jawa dengan cara ini, maka anda akan merasakan sensasi minum kopi yang nikmat. Kenikmatan asli kopi jawa akan terasa dilidah, dipadu dengan aroma kopi yang menawan. Aroma rempah-rempah pun akan terasa dari kopi yang satu ini.

Cara kedua untuk menikmati seduhan kopi jawa adalah dengan menambahkan gula. bagi anda yang tidak begitu suka dengan rasa pahit dari sebuah kopi, mungkin menambahkan gula dapat menjadi opsinya. Seperti kebanyakan kopi lainnya, jenis kopi jawa ini juga terasa pahit, untuk meminimalisir rasa pahit tersebut, anda bisa menambahkan gula sesuai selera. Walaupun telah ditambahkan gula, cita rasa dari kopi ini tidak akan hilang.

Ingin mencicipi kekhasan kopi jawa (java)? Coffeeland Indonesia, menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia dengan grade kopi speciality,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pemesanan silahkan hubungi Tim Marketing kami, via What’s App >> Silahkan Klik : 

 

Source: 1.

Leave a Reply