MENGENAL PERBEDAAN AMERICANO DAN LONG BLACK

Kopi merupakan minuman yang mendunia. Setiap belahan dunia dimana pun, memiliki style mereka sendiri dalam menikmati secangkir kopi. Jika ditanya jenis minuman kopi apa yang pertama kali kita kenal mungkin jawabannya adalah kopi hitam. Kopi hitam menjelma beberapa bagian yang terbagi atas beberapa nama seperti Americano dan Long black. Namun adakah perbedaan di antara kedua minuman yang sama-sama terdiri dari kopi dan air ini? Lalu sebenarnya apa perbedaan antara Americano dan Long black? Padahal, keduanya

sama-sama kopi hitam. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa hal yang merupakan perbedaan antara long black dan americano.

Americano

Seperti dengan namanya, Americano memiliki makna Amerika atau dalam penerapannya bisa dimaknai dengan kopi hitam yang berasal dari Amerika. Pada dasarnya Americano adalah jenis kopi hitam yang memang dibuat dari kopi espresso single shot. Jenis kopi Americano ini juga bisa dibuat dengan takaran double shot yang mana dicampur dengan campuran air hangat. Penggunaan air hangat ini lah yang membedakan kedua jenis kopi ini. Selain dari itu, Penyajian dari kopi Americano sendiri menggunakan cangkir 8 oz atau setara dengan 240 ml. Akan tetapi beberapa tempat atau coffee shop menyajikan kopi jenis Americano ini dengan cangkir yang lebih besar yang biasanya mencapai ukuran 15 oz atau setara dengan 450 ml.

Long Black

Sesuai dengan namanya, long black ini memiliki warna hitam yang memang berasal dari kopi itu sendiri. Long black ini biasa disajikan berdasarkan cara dari negara yang dianutnya yaitu negara Australia dan juga New Zealand. Kedua negara ini memberikan contoh pembuatan kopi dengan varian long black dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu baru diberikan espresso. Urutan ini dimaksudkan supaya tidak merusak cita rasa dari cream yang terdapat pada espresso itu sendiri.

Cream inilah yang akan memberikan rasa yang berbeda dari kopi lainnya. Kekentalan cream di setiap cairan pada kopi long black ini pun akan terlihat jelas apabila proses pembuatannya sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan. Walaupun banyak sekali metode yang dilakukan untuk menyajikan espresso jenis long black ini, akan tetapi cara yang paling umum digunakan memang menjadi salah satu andalan bagi penikmat kopi. Kopi yang memiliki rasa pahit ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh long black.

Sekarang tentunya anda sudah mengetahui permedaan antara Americano dan Long Black. Jadi, kira-kira apa kopi favorit anda?

Terkait kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty.. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing kami,

  

Source: 1

Leave a Reply

WhatsApp chat