MENGENAL POURING COFFEE

SOURCE

Pouring dalam metode seduh mengacu pada sajian kopi menggunakan dripper, seperti V60, Chemex, dan Kalita, namun alat kopi pour over tidak hanya itu saja. Pouring tentunya mempengaruhi hasil seduhan kopi, karena pouring adalah tahap dimana kopi bertemu dengan air. Suhu air dan hasil grinding kopi serta filter yang digunakan juga harus disesuaikan dengan metode brewing yang akan dilakukan. Selain itu, dibutuhkan juga alat yang disebut dripper sebagai wadah untuk meletakkan kertas filter berisi bubuk kopi.

 

TEKNIK POURING COFFEE

SOURCE

Jika pada konsepnya, untuk menyajikan kopi yang nikmat perlu memperhitungkan 7 hal yang antara lain, metode seduh serta teknik seduhan, rasio kopi, ukuran gilingan kopi, kualitas air seduhan, lamanya air bertemu dengan kopi, suhu air, dan juga filter. Maka teknik pouring masuk pada tahap pertama yang perlu diperhitungkan. Walaupun beberapa orang berpendapat teknik pouring tidak memberikan kesan yang terlalu jelas untuk hasil akhir kopi. Berikut 3 teknik pouring yang sering diterapkan para barista:

  1. Teknik pertama dua kali pouring. Pouring pertama dilakukan hanya untuk membasahi kopi agar terjadi pelepasan gas yang mempengaruhi rasa kopi, proses ini disebut juga dengan bloom. Waktu yang diperlukan untuk proses bloom hanya sebentar yaitu selama 40 detik. Selanjutnya pouring kedua dilakukan hingga air di dalam filter habis.
  2. Teknik kedua yaitu dengan tiga kali pouring. Pouring pertama membasahi kopi, lalu pouring kedua hingga air menutupi kopi di dalam filter, ketika air mulai menyusut lakukan pouring ketiga.
  3. Teknik ketiga yaitu dengan menuangkan sedikit air berkali-kali tanpa ukuran tertentu.

Dalam pouring juga perlu diperhatikan suhu air pada saat dituangkan, jika terlalu panas dari ukuran standar maka kopi akan terlalu larut, jika lebih dingin maka kopi akan sulit larut. Rasio air dan kopi yang digunakan juga harus disesuaikan karena kualitas air juga mempengaruhi hasil akhir, jika air yang digunakan tidak segar atau sedikit tercemar, maka rasa yang dihasilkan pun buruk:

SOURCE: 1

Leave a Reply