NGOPI DIRUMAH DENGAN MANUAL BREWING | BERIKUT TIPSNYA

Namun, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin membuat kopi manual brewing dirumah. Berikut uraiannya:

Selama masa pandemi ini, semua kegiatan dilakukan di dalam rumah. Salah satunya menyeduh kopi. Menikmati sajian kopi bagi para penikmat kopi, menjadi rutinitas yang harus dilakukan. Untuk menyiasati rasa bosan dengan seduh kopi yang itu-itu saja, anda bisa mencoba membuat kopi manual brewing dirumah.

Metode manual brewng sangat mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Banyak sekali metode manual brewing yang bisa anda coba, seperti French press, Vietnam drip dan V60. Dalam membuat kopi manual brewing tidak ada aturan khusus ketika membuatnya. Namun, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin membuat kopi manual brewing dirumah. Berikut uraiannya:

Perhatikan kualitas kesegaran kopi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesegaran kopi yang anda gunakan. Kopi yang nikmat biasanya menggunakan kopi dengan kualitas yang baik. Untuk menjaga kualitas kesegaran kopi anda tetap baik,  simpan kopi di tempat yang terhindar dari matahari dan udara yang lembab.

Perhatikan penggunaan air

Untuk membuat kopi manual brewing di rumah, suhu air yang baik sekitar 90-96 derajat celcius. Suhu air yang dipakai berpengaruh pada rasa kopi yang dihasilkan. Anda juga perlu mengontrol pH dan kandungan  mineral air yang dipakai. Sebaiknya gunakan air dengan kandungan pH 7, dengan kandungan mineral maksimal 120 ppm. Jika anda meggunakan air yang mengandung mineral terlalu banyak, rasa kopi yang dihasilkan akan lebih pahit.

Rasio kopi dan air

Rasio patut diperhatikan, sebab seberapa banyak kopi dan air yang digunakan, menentukan rasa kopi yang dihasilkan. Rasio paling aman yang bisa digunakan untuk menyeduh kopi manual brewing ialah dengan rasio 1:15. Dengan kata lain 1 gram kopi dan 15 ml air.

Proses penggilingan kopi

Proses penggilingan kopi perlu diperhatikan, karena hal ini bisa mempengaruhi seberapa pahit kopi yang dihasilkan. Hindari menggiling kopi terlalu halus atau terlalu kasar. Karena semakin halus rasa kopi semakin pahit, bergitupun sebaliknya. Ada cara mudah untuk mengukur gilingan kopi medium dan kasar. Biji kopi yang digiling medium memiliki tekstur seperti garam. Sedangkan biji kopi yang digiling kasar teksturnya mirip pasir.

Perhatikan penggunaan paper filter (saringan kopi)

Rasa kopi juga tergantung pada besar kecilnya lubang saringan. Kertas saringan yang dipakai biasanya terdapat dua pilihan warna, putih dan cokelat. Sebaiknya gunakan saringan berwarna cokelat karena tidak mengandung bahan kimia, yang tentunya tidak akan mempengaruhi rasa pada kopi.

Diatas adalah beberapa tips membuat kopi manual brewing yang bisa anda coba lakukan dirumah.  Tips diatas perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

Terkait kopi single origin, Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App.

 

  

Sumber: m.detik.com

 

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat