SEDUH KOPI DIRUMAH SAJA DENGAN DRIPPER V60

Metode pour over merupakan metode dalam penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini memang tidak sulit namun juga tidak sederhana, karena dalam menyeduh kopi membutuhkan proses yang jeli agar dihasilkan seduhan kopi yang berkualitas dan nikmat. 

Banyak yang menyatakan bahwa penyeduhan kopi menggunakan alat dengan metode pour over salah satunya V60 cenderung memiliki karakter kopi yang dapat memberikan kepuasan bagi yang meminumnya, seperti aroma lebih kuat, hasil kopi

yang bersih dan menonjolkan karakter-karakter tertentu. Karakter-karakter inilah yang belum tentu didapatkan dengan menggunakn alat seduh dan metode lain selain V60. Alat untuk menyeduh kopi ini memiliki desain yang unik, bagian dalam alat ini berbentuk sirkular yang berkelok. Bentuk inilah yang akan mendukung keterpusatan tekanan air, sehingga tekanan air lebih merata dan degadrasi suhunya bersamaan.

V60 merupakan alat seduh kopi asal negeri Sakura, Jepang. Alat ini memang belum banyak dijual di Indonesia, namun yang memnggunakan alat tersebut kini berjumlah banyak. Tidak hanya kafe-kafe yang menjual dan menyajikan kopi saja yang menggunakan alat tersebut untuk menyeduh kopinya, tapi kini alat tersebut sudah banyak digunakan oleh para pecinta kopi untuk menyeduh kopi di rumahnya. Berikut adalah cara menyeduh kopi dengan V60.

Alat yang dibutuhkan:

V60

Kertas penyaring atau paper filter

Ketel atau teko leher angsa

Grinder atau penggiling kopi

Timer

Timbangan digital

Cara penyeduhan:

  1. Siapkan kertas filter yang akan digunakan, biasanya kertas filter ini dijual terpisah dengan alat seduh kopinya. Selain itu kertas filter di sini ada 2 jenis. Ada kertas filter yang berwaran putih (melalu proses bleaching) dan kertas filter yang berwarna kuning (tidak melalui proses bleaching).
  2. Lipat kertas filter yang akan digunakan, dan dibentuk kerucut, lalu letakkan kedalam V60.
  3. Kertas filter yang akan digunakan disiram terlebih dahulu menggunakan air panas. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya alat V60 dan wadah tersebut panas.
  4. Air bekas yang digunakan untuk menyiram kertas filter sebaiknya langsung dbuang setelah filter itu dirasa bersih dan aromanya sudah hilang, hal ini untuk menjaga aroma kopi yang akan Anda seduh.
  5. Siapkan biji kopi yang akan diseduh, biasanya kami menggunakan 24 gram kopi (dengan ratio 1:15 , artinya kopi 1 gram dengan air 15ml), digiling medium, tidak terlalu halus.
  6. Setelah kertas filter tersebut dirasa bersih, hal selanjutnya adalah memasukan kopi ke dalamnya.
  7. Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan air panas dari teko secara perlahan. Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan, Anda bisa menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar. Tuang air panas sebanyak 50-60 ml dan diamkan kira-kira 30-40 detik, proses ini bertujuan untuk membasahi kopi, biasanya kopi akan mengembang atau disebut dengan blooming (Kopi segar biasanya masih terkandung karbon dioksida didalamnya, sehingga dapat membuat kopi blooming).
  8. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran Anda perlu mendiamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi. Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai. Durasi 3 menit sampai 4 menit.

Menyeduh kopi dengan v60 sebenarnya cukup dengan menuangkan air panas ke dalam V60 saja. Tapi, anda tidak bisa sekaligus menuangkan semua air dan dibiarkan menetes begitu saja. Jika begitu hasil akhir tidak enak. Teknik yang disarankan adalah dengan menuangkan air secara perlahan dalam gerakan melingkar di sekitar bubuk kopi pada bagian atas v60. Selamat mencoba!

Terkait kopi single origin, Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App.

 

  

 

 

Source: sobatkopi.com

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat