fbpx

Make Your Own Coffee Shop

TIPS MENINGKATKAN PROFIT UNTUK USAHA COFFEE SHOP ANDA

TIPS MENINGKATKAN PROFIT UNTUK USAHA COFFEE SHOP ANDA

TIPS MENINGKATKAN PROFIT UNTUK USAHA COFFEE SHOP ANDA

Konsumsi kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini adalah salah satu peluang besar bagi anda yang memiliki bisnis coffee shop di Indonesia. Lalu bagaimana caranya agar coffee shop anda menghasilkan profit (keuntungan) yang optimal? Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi promosi.

Menerapkan strategi promosi penjualan yang tepat adalah penting, karena melalui strategi tersebut, anda dapat menyusun hal-hal yang perlu dilakukan guna meningkatkan profit usaha. Lebih dari itu, strategi penjualan yang terencana dengan baik juga akan memudahkan anda mencapai target penjualan.

Tentu saja, strategi promosi penjualan tidak dapat berjalan sendirian tanpa kualitas produk dan layanan pelanggan yang baik. Secara sederhana, ketika produk yang dijual terbukti berkualitas, dengan ditambah promosi penjualan yang tepat, memberikan pelayanan dengan ramah, cepat, serta memudahkan transaksi jual-beli, maka minat beli atas produk tersebut pun meningkat.

Jika hal tersebut sudah terlaksana dengan baik, maka dengan menyusun strategi promosi penjualan ini anda juga dapat mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.

Dengan begitu, tidak hanya penjualan yang ditingkatkan, tetapi juga brand awareness dan kredibilitas atas usaha tersebut. Lantas, apa saja strategi promosi penjualan yang bisa diterapkan pada usaha Anda?

Memberikan Diskon

Memberikan potongan harga atau diskon adalah jurus terjitu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan. Pemberian diskon dalam jumlah besar tentu akan menarik perhatian pelanggan anda. Namun demikian, sebelum menerapkan promosi penjualan yang satu ini, ada baiknya jika anda memahami terlebih dulu tentang persentase diskon yang bisa diberikan.

Misalnya, Anda bisa mulai mencoba strategi promosi penjualan dengan diskon kecil dari 5 – 10%. Penawaran ini tentu lebih aman dan memengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian produk.

Sebaliknya, ketika Anda menerapkan promosi penjualan untuk menghabiskan stok lama, maka diskon kecil tersebut tidak lagi menarik bagi pelanggan. Untuk itu, diperlukan pemberian diskon besar-besaran, misalnya sebesar 25 – 70% atau bahkan lebih agar seluruh stock lama di ruang penyimpanan laris terjual habis.

Atau anda bisa menerapkan promosi penjualan melalui flash sale dengan rentang waktu antara 30 hari hingga 24 jam. Namun, beberapa brand besar justru menerapkan waktu terbatas untuk promosi ini hanya dalam 24 jam.

Hal ini dilakukan terutama saat sebuah brand memperkenalkan jenis produk baru, membumbui promosi penjualan dengan flash sale tentu akan semakin menarik minat pembelian dalam jumlah besar di waktu yang sangat singkat.

Memberikan Harga Special

Promosi penjualan yang satu ini sepintas mirip dengan promo potongan harga. Namun, secara psikologis promosi special prices jauh lebih menarik perhatian pelanggan. Anda bisa mencantumkan batasan waktu pembelian bagi pelanggan yang ingin mendapatkan produk dengan harga spesial tersebut.

Penawaran harga spesial lainnya juga bisa diterapkan untuk metode pembayaran tertentu. Terlebih saat ini di Indonesia, masyarakatnya sudah semakin akrab dengan metode pembayaran non-tunai.

Buy One Get One Free

Promosi penjualan buy one get one free mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Meski terdengar klasik, strategi ini masih sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan profit usaha. Dan menimbulkan efek ‘kecanduan’ berkunjung pada pelanggan coffee shop anda.

Membayar satu menu untuk mendapatkan dua menu sekaligus dengan harga yang sama akan membuat pelanggan Anda berkunjung lagi dan lagi. Jenis promosi ini secara tidak langsung akan mengikat pelanggan pada brand usaha anda.

Untuk menerapkannya pun tidaklah rumit. Anda bisa memberikan buy one get one free untuk produk-produk tertentu, atau ketika anda akan memperkenalkan varian menu baru yang akan ditawarkan. Melalui promosi buy one get one free, maka penjualan pun dapat meningkat cukup pesat di waktu yang relatif singkat.

Berikan Sample Gratis

Apakah Anda memiliki produk baru yang ingin dijual? Berikan sampel gratis untuk pelanggan anda! Ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendorong pelanggan membeli produk yang mungkin belum dipertimbangkan sebelumnya.

Promosi penjualan dengan sampel gratis sangat kompatibel diterapkan untuk usaha kuliner. Anda bisa memberikan tester kepada pelanggan untuk mencicipi menu baru di restoran. Percayalah, orang-orang cenderung menyukai sesuatu yang bisa dicicipi sebelum dibeli.

Biarkan mereka mencoba coffee cupping  yang ditawarkan oleh coffee shop anda. Meski mungkin mereka tidak langsung melakukan pembelian, bukan tidak mungkin saat membutuhkan produk tersebut mereka akan teringat dengan tester atau sampel yang pernah Anda berikan.

Buat Program Give Away

Perkembangan teknologi digital seperti saat ini menghadirkan strategi promosi penjualan kekinian yang efektif, yaitu giveaway. Strategi ini dapat diterapkan terutama jika usaha Anda memiliki target pelanggan di usia remaja yang menyukai kompetisi.

Bahkan Google Primer menunjukkan data bahwa 75% dari peserta giveaway tersebut nantinya bisa menjadi pelanggan usaha Anda di masa mendatang. Jadi, strategi promosi penjualan dengan giveaway ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif cara untuk meningkatkan profit usaha Anda.

Sebelum giveaway dimulai, pastikan anda sudah mempromosikannya ke berbagai platform online. Mulai dari posting di feed media sosial, menjalankan iklan, maupun newsletter. Tetapkan waktu yang tepat agar Anda mendapatkan banyak peserta.

Hadiah yang diberikan untuk pemenang pun dapat beragam. Mulai dari voucher diskon untuk berbelanja di coffee shop anda maupun gratis produk tertentu yang memiliki banyak peminat.

Berikan Promo Menarik

Bagi para pengusaha, terdapat beberapa musim penjualan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di Indonesia sendiri, promosi musiman ini bisa diberlakukan menjelang peringatan hari besar.

Misalnya, memanfaatkan momen bulan Ramadhan, perayaan Idul Fitri dan Natal, hingga peringatan kemerdekaan Indonesia. Musim-musim ini sangat penting untuk diperhatikan dalam menetapkan strategi promosi penjualan.

Promosi musiman ini bisa diterapkan beberapa minggu sebelum perayaan berlangsung, atau mungkin selama satu bulan penuh untuk bulan Ramadhan.

Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang promo musiman ini melalui banner atau iklan di media cetak dan online, sehingga pelanggan mengetahui program promosi yang sedang berlangsung.

Program Loyalitas Pelanggan

Satu lagi promosi penjualan yang bisa membantu Anda meningkatkan profit usaha, yaitu dengan mengadakan program loyalitas pelanggan. Program ini dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama, sambil menarik minat beli dan meningkatkan loyalitas pelanggan baru.

Anda bisa menyediakan kartu member (member card) dimana masing-masing pelanggan bisa mendapatkan poin di setiap pembelanjaan. Poin tersebut dapat ditukarkan hadiah atau voucher diskon ketika sudah mencapai nilai tertentu.

Kartu member ini juga akan membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan brand usaha Anda. Untuk semakin meningkatkan loyalitas pelanggan, sebagai pengusaha anda juga bisa memberikan diskon atau potongan harga ekstra kepada pelanggan yang memegang kartu member tersebut.

Jika mereka memberikan referensi untuk kerabat lain, maka anda juga bisa memberinya poin tambahan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung sebagai membermaka semakin besar pula peluang usaha Anda untuk memenangkan persaingan pasar.

Sebuah coffee shop yang berjalan tanpa rencana adalah bencana, maka sudah seharusnya sebagai pengusaha anda mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan promosi penjualan. Hal ini penting guna memastikan perolehan profit. Beberapa strategi promosi penjualan yang sudah disebutkan tadi tentu sangat bisa diterapkan untuk usaha anda. Pilih strategi promosi penjualan yang sesuai dengan target market dan budget marketing usaha anda.

Jika anda ingin membuka kedai kopi atau coffee shop dan bingung bagaimana mengawalinya, bingung kedai kopi seperti apa yang cocok dengan target konsumen yang ada, anda dapat menjalin kemitraan bersama Coffeland Indonesia. Kami menyediakaan solusi bagi anda yang ingin memulai usaha kedai kopi dengan Merek atau Brand anda sendiri, paket kemitraan kedai kopi terdiri dari beberapa paket yang dapat dipilih sesuai dengan konsep dan segmentasi yang anda butuhkan.

Kami memiliki tiga paket kemitraan, yaitu: Paket Mini CafePaket Coffee Shop, dan Paket Coffee House. Dimana dalam paket kemitraan sudah termasuk:

  • Mesin kopi merk Bezzera dari Italy berikut Grinder (penggiling kopi). Peralatan yang dibutuhkan dalam usaha coffee shop anda, misalnya : cangkir, gelas, kulkas dan seluruh peralatan untuk bisnis coffee shop
  • Bahan baku awal
  • Pelatihan tanpa batasan jumlah karyawan
  • Saran konsep desain dan software penjualan (optional).

Sehingga anda cukup menyediakan lokasi dan karyawan untuk menjalankan bisnis kedai kopi. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, anda dapat menghubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >>

  

 

Source:gobiz.co.id