KEKURANGAN BISNIS FRANCHISE YANG PERLU DIKETAHUI

 

Bisnis franchise atau kemitraan merupakan bisnis yang bisa menjadi jalan pintas dalam menjalankan usaha yang tidak perlu rencana bisnis dari awal. Peluang usaha untuk sukses juga tentunya lebih besar jika dibanding mendirikan bisnis sendiri dari nol.

Bisnis franchise merupakan kerja sama antara usaha kecil dan menengah atau dengan usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan.

Namun seperti bisnis pada umumnya, bisnis franchise tentu beberapa kekurangan. Sebelum mejalani bisnis franchise, ada baiknya mengetahui beberapa kekurangan yang Anda dapatkan dari bisnis tersebut.

  • Kendali Penuh Oleh Franchisor

Pemilik brand atau franchisor tentu memiliki kendali penuh terhadap bisnis yang ia miliki, begitu juga terhadap franchise. Biasanya pemilik brand memiliki ketentuan tersendiri terhadap produk yang tidak bisa diubah. Karena itu, jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis franchise, Anda tidak bisa bebas berinovasi dalam bisnis yang Anda miliki.

  • Supplier Tunggal Bahan Baku Produk

Saat Anda menjalankan bisnis, pasti Anda akan mencari supplier bahan baku dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. Namun, jika Anda menjalankan bisnis franchise, Anda tidak bisa mencari supplier sendiri karena perusahaan telah menentukan supplier saat perjanjian kontrak usaha.

  • Adanya Royalty Fee dan Franchise Fee

Pemilik brand umumnya akan menerapkan sistem fee kepada mitra usahanya. Biasanya mitra yang berminat untuk membuka franchise harus membayar biaya kemitraan awal kepada pemilik brand. Lalu, akan ada biaya lain yang harus dibayarkan untuk digunakan sebagai pelatihan, atau dukungan.

Selain itu, Anda juga harus membayarkan sebagian dari keuntungan yang telah Anda dapatkan dari bisnis Anda. Hal ini tentu cukup merugikan, karena Anda kehilangan beberapa persen dari total keuntungan Anda.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, ada baiknya harus dipikirkan matang-matang, karena menjalankan suatu bisnis tidaklah mudah.

Coffeeland Indonesia hadir memberikan solusi bagi Anda yang ingin memiliki bisnis Coffee Shop. Dengan tanpa royalty fee, franchise fee, dan keterikatan pembelian bbahan baku, Anda bebas menjalankan bisnis Anda dengan menggunakan Brand Anda sendiri.

Kami juga menyediakan berbagai pilihan paket usaha yang dapat disesuaikan dengan konsep bisnis Anda, tertarik? Hubungi tim mareting kami sekarang!

 

 

 

  

 

 

 

 

Source: jurnal.id

Featured image: yukbisniskost.com