MANFAAT DAN ATURAN MINUM KOPI SAAT SEBELUM OLAHRAGA

Saat berolahraga pagi anda sering merasa ngantuk dan lemas? mungkin untuk melawan rasa kantuk dan lemas, Anda perlu minum secangkir kopi dulu supaya jadi lebih segar. Akan tetapi, sebenarnya bolehkah minum kopi sebelum olahraga?

Ternyata menurut berbagai penelitian, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat sehat kalau minum kopi sebelum mulai olahraga di pagi hari. Simak penjelasannya berikut ini dan jangan takut untuk ngopi sebelum berolahraga yaa!

MANFAAT MINUM KOPI SEBELUM OLAHRAGA

Anda boleh minum kopi sebelum berolahraga, bukan sesudahnya. Sesudah olahraga Anda butuh asupan nutrisi yang bisa membantu memulihkan tubuh.

Sedangkan kalau minum kopi sebelumnya, kandungan kafein dalam kopi Anda dapat membuat sesi olahraga jadi maksimal. Lebih jelasnya, simak 3 manfaat penting minum kopi sebelum olahraga di bawah ini.  

  1. Meningkatkan ketahanan fisik

Sebuah penelitian dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan kalau minum kopi sebelum berolahraga bisa membantu meningkatkan ketahanan fisik Anda. Anda jadi tidak mudah lelah dan bisa lebih menikmati latihan kebugaran Anda setiap hari. Pasalnya, kafein dalam kopi memang mampu menyegarkan pikiran serta membuat Anda merasa lebih bertenaga.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Para ahli dari University of Ryukyus di Jepang berhasil membuktikan bahwa minum kopi mampu melancarkan sirkulasi darah Anda hingga sebesar 30 persen. Semakin lancar aliran darah Anda, seluruh bagian tubuh Anda seperti jaringan-jaringan otot dan tulang akan mendapatkan suplai oksigen dan sel darah putih yang cukup. Hal tersebut akan membantu kerja otot dan tulang selama Anda aktif bergerak atau berolahraga. Maka performa olahraga Anda pun jadi lebih baik.

  1. Mencegah nyeri otot

Menurut sebuah penelitian dari University of Illinois di Amerika Serikat (AS), minum kopi kira-kira satu jam sebelum berolahraga mampu mencegah nyeri otot. Hasil penelitian serupa juga dibuktikan oleh para ahli dari University of Georgia di AS. Minum kopi satu jam sebelum berolahraga bisa mengurangi rasa nyeri hingga 48 persen.

Dengan begitu, Anda pun jadi lebih nyaman berolahraga. Terutama kalau Anda sedang menjalani latihan dengan intensitas tinggi atau Anda harus olahraga dalam waktu yang cukup lama.

ATURAN AMAN MINUM KOPI SEBELUM OLAHRAGA

Meski Anda boleh minum kopi sebelum berolahraga, ada beberapa aturan yang harus diingat kalau Anda ingin mendapatkan seluruh manfaatnya semaksimal mungkin. Simak aturan aman minum kopi sebelum mulai berolahraga berikut ini.

Minum kopi satu jam sebelum olahraga

Kafein dalam kopi butuh waktu setengah jam sampai satu jam untuk diserap sempurna oleh tubuh. Jadi, usahakan untuk minum kopi saat bangun pagi, sebelum mulai olahraga.

Hindari menambahkan gula atau susu ke dalam kopi

Susu sapi akan diproses lebih lama oleh tubuh sehingga Anda berisiko mengalami gangguan pencernaan saat berolahraga. Kopi yang terlalu manis juga bisa membuat gula darah Anda tidak stabil. Penelitian menunjukkan manfaat terbaik muncul bila kopi diminum tanpa susu (kopi hitam).

Tetap konsumsi air

Ingat, kopi bersifat diuretik atau memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan. Baik itu lewat keringat maupun lewat kencing Jadi selama olahraga Anda sebaikanya tetap banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Minum kopi dan olahraga secara rutin

Kalau Anda rutin menjalani olahraga yang diawali dengan secangkir kopi setiap hari, tubuh akan semakin mudah menyesuaikan diri. Tubuh jadi mampu membaca sinyal untuk tidak mengeluarkan cairan tubuh terlalu banyak saat Anda berolahraga. 

Terkait pemesanan kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120gr, 250gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

  

 

Source: hellosehat.com

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783