CASCARA: KULIT BIJI KOPI YANG DAPAT MENJADI KOMBUCHA

 

Source: id.pinterest.com

Tidak hanya bijinya saja yang dapat dikonsumsi, komponen kopi lainnya juga dapat di olah dan dikonsumsi.

Selain menjadi pupuk tanama, kulit kopi juga dapat diseduh menjadi sebuah teh. Cascara adalah kulit biji kopi kering yang biasa digunakan untuk membuat teh. Namun tahukah Anda, cascara ini juga bisa dimanfaatkan menjadi kombucha.

Kombucha sendiri adalah minuman fermentasi teh hijau atau hitam, gula, ragi, dan bakteri. Minuman ini diyakini berasal dari China sejak 2.000 tahun silam. Hal yang unik dalam pembuatan kombucha adalah dilakukan dengan menambahkan koloni bakteri hidup dan ragi yang dikenal sebagai symbiotic colony of bacteria and yeast (SCOBY). SCOBY ditambahkan ke teh manis dan dibiarkan terfermentasi selama beberapa minggu sampai menjadi minuman bercita rasa manis dan sedikit asam. Kalau biasanya kombucha memakai black tea, kali ini Anda dapat menggantinya dengan cascara dengan jumlah yang lebih banyak.

Selain memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan teh, kombucha juga kaya akan probiotik yang bermanfaat. Kombucha juga mengandung antioksidan, dapat membunuh bakteri berbahaya dan diketahui dapat membantu melawan beberapa penyakit.

Kombucha menjadi semakin populer sebagai sumber probiotik potensial, organisme hidup yang membantu menyeimbangkan flora usus, dan dipercaya dapat memulihkan kesehatan pencernaan.

 

  

Source: kompas.com


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5107