KOPI DURIAN BEBAHAYA, MITOS ATAU FAKTA?

 

Beberapa orang percaya rumor yang menyatakan bahwa mengonsumsi kopi durian dapat berakibat fatal bagi kesehatan bahkan mengakibatkan kematian, padahal rumor itu tidaklah benar.

Pandangan bahwa mengonsumsi kopi durian berbahaya tak lepas dari beberapa kejadian yang pernah terjadi. Memang ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa ada korban meninggal tak lama setelah mengonsumsi kopi durian namun dari hasil yang dijelaskan pemicu kematian bukanlah akibat dari konsumsi kopi durian, melainkan diakibatkan oleh riwayat penyakit korban.

Melihat kejadian tersebut, muncul pertanyaan apakah memang benar memakan durian lalu minum kopi atau minum-minuman lainnya bisa berakibat fatal bagi tubuh hingga bisa berujung kematian? Atau yang lebih spesifik, benarkah buah durian punya efek jahat bagi tubuh?

Souce: mmc.tirto.id

Menurut dr. Bambang Hady dari KlikDokter, keduanya bila dikonsumsi dalam waktu berdekatan memang bisa berbahaya karena bisa menyebabkan dada berdebar.

“Pada durian yang terlalu matang, terkandung alkohol akibat fermentasi. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang yang sensitif,” ujar dr. Bambang Hady.

“Demikian juga dengan kopi. Pada orang yang sensitif, terkadang meningkatkan tensi dan denyut jantung. Jadi, bisa saja makan durian dan minum kopi berakibat fatal,” lanjutnya.

Namun, ternyata kopi dan durian hanya meningkatkan risiko saja dan bukan ‘dalang’ dari akibat fatal yang terjadi. Alias tidak bisa disalahkan sebagai penyebab utama. Sebab, bisa jadi karena sudah ada masalah kesehatan tertentu sebelumnya.

Pasalnya, durian sendiri mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, lemak tak jenuh justru dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Sementara, mengonsumsi lemak tak jenuh bisa membuat jantung menjadi sehat.

Kopi durian menu minuman yang belakangan ini banyak dicari-cari oleh pecinta durian. Sensasi kuat dari rasa pahit kopi dan manisnya Si Raja Buah ini lah jadi motif mengapa minuman ‘berat’ ini kian digandrungi.

Ada beberapa informasi yang perilu diketahu bahwa buah durian yang dijadikan topping memiliki banyak kandungan gizi mulai dari 27 gram karbohidrat, 1,5 gram protein, 4 gram serat, 5 gram lemak, vitamin C sekitar 20 mg, vitamin A sebanyak 44 IU, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya pada setiap 100 gram buah.

Namun, ada yang perlu diperhatijkan bagi beberapa orang dengan kondisi riwayat diabetes untuk tidak mengonsumsi kopi durian secara berlebih sebab kandungan gula pada buah durian ini sangat tinggi diperlukan pengawasan supaya tekanan gula darah tetap stabil. Selain itu bagi penderita obesitas supaya sedikit mengurangi konsumsi kopi durian karena di dalam durian punya jumlah kalori yang cukup banyak.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

 

  

 

 

Source: klikdokter.com, travel.tempo.co

Featured Image: kopidurian.id