TIPS MEMPERSIAPKAN BARISTA YANG SIAP MELAYANI PELANGGAN

Dalam bisnis kedai kopi atau coffee shop, Seorang barista merupakan pemeran utama. Mengapa demikian? barista merupakan aset yang sangat penting di dalam usaha kedal kopl. Karena mereka (barista) sangat berperan dalam memberikan pelayanan dan kepuasan kepada pelanggan yang secara tidak langsung akan memberikan keuntungan bagi kedai kopi tersebut. Apa jadinya jika secangkir kopi yang nikmat, namun disajikan dengan pelayanan yang buruk, kopi akan kehilangan keistimewaannya.

Oleh karena itu, Bagi anda para pemilik kedai kopi, harus memberikan pengetahuan good customer service kepada para barista. Sebuah kedai kopi yang memberikan pelayanan sangat baik kepada beberapa pelanggannya, akan menjadi tolak ukur kenikmatan cita rasa kopi di kedai kopi tersebut. Contoh good customer service yang dapat dilakukan barista kepada pelanggannya seperti, menyapa dan bersahabat dengan para pelanggan sampai kebutuhan makan dan mlnum sesual dengan keinginan para pelanggan dengan baik. Barista juga perlu melakukan pendekatan kepada para pelanggan. Berikut terdapat 5 (lima) kiat sukses pendekatan seorang barista kepada pelanggan yaitu :

  1. Ramah

Merupakan cara yang sangat penting untuk membuat kunjungan pelanggan sebagai awal yang positif. Dengan bersifat ramah, barlsta dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

  1. Tulus

Berarti connect, discover, dan respond. Dalam hal ini tulus membina hubungan dengan para pelanggan berartl tulus mencari tahu apa yang diinginkan dan diharapkan pelanggan.

  1. Perhatian

Berarti perhatian terhadap kebutuhan pribadi, partner lain dan pelanggan. Keinginan pelanggan dapat terpenuhi jika barista mengertl apa yang diinginkan pelanggan.

  1. Berwawasan

Pengetahuan adalah kekuatan. Semakin tinggai tingkat pengetahuan barista terhadap produk maka semakin banyak hal posltlf yang dlterlma. Barlsta harus dapat mencintai pekerjaannya dan mau membagi pengetahuannya kepada orang lain.

  1. Peduli

Berarti berpatisipasi dalam segala hal yang bersifat positif. Dengan kepedulian diharapkan barista memillki Ide – ide yang cemerlang dan bekerja dengan penuh semangat.

Bagi pemilik kedai kopi juga harus memperhatikan minat para baristanya. Terkadang hal ini sering dilupakan, barista yang bekerja di sebuah kedai kopi belum tentu memiliki minat yang sama. Malahan, ada yang menganggap barista sebagai hobi, ada juga yang menganggapnya sebagai karir. Dengan mengetahui minat para barista, tentu akan memudahkan anda untuk mengambil langkah yang diperlukan ketika mengembangkan pelayanan pelanggan. Barista yang memiliki minat untuk berkarir di industri kopi sebagai barista profesional akan berbeda dengan barista yang menganggap aktifitasnya hanya sekadar hobi. Walau pun demikian, dengan memahami minat yang beragam itu, anda dapat menentukan program pengembangan seperti apa yang sesuai untuk barista meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

Semoga, pembahasan yang telah kami berikan tersebut dapat membantu meningkatkan bisnis anda. Jika anda berencana untuk membuka bisnis coffee shop, anda dapat bermitra dengan Coffeeland Indonesia, karena didalam paket kemitraan Coffeeland Indonesia, sudah termasuk dengan pelatihan hospitality untuk karyawan (barista dan pramusaji). Untuk informasi lebih lanjut terkait kemitraan paket Kedai Kopi Coffeeland Indoenesia, anda dapat menghubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

 

 

  

Source: portal.kopertis3.or.id

Leave a Reply

WhatsApp chat