CARA MENYIMPAN BIJI KOPI YANG BENAR

 

Beberapa orang mungkin sering membeli kopi dalam jumlah banyak untuk kebutuhan bisnis, ataupun untuk stock dirumah. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu, namun perlu Anda ketahui juga bahwa bahwa stock biji kopi yang tidak di simpan dengan cara yang benar akan berubah cita rasa, dan kesegaran kopi tersebut. Lalu bagaimana sebaiknya menyimpan biji kopi benar agar terjaga kesegarannya? Yuk simak caranya!

Simpan kopi pada wadah kedap udara
Setelah Anda membuka paket kopi, jangan tinggalkan dalam paket. Sebagai gantinya, simpan dalam wadah kedap udara. Minimalkan ruang udara dalam wadah sebanyak mungkin.

Hindari kelembaban
Kopi harus disimpan di tempat yang kering. Kelembaban yang berlebihan akan mempercepat proses kemunduran. Kopi yang telah terpapar terlalu banyak kelembaban bisa menimbulkan rasa dan aroma asam atau “off”.Untuk alasan ini, bukan ide bagus untuk menyimpan kopi di lemari es atau kulkas. Kondensasi bisa terjadi saat pintu dibuka dan ditutup. Anda mungkin tidak mengalami masalah kelembaban jika anda menyimpan sejumlah kecil kopi di dalam freezer dalam wadah kedap udara. Tapi penyimpanan freezer tidak memperpanjang penyimpanan artinya hanya bisa satu kali penyimpanan saja. Maka setelah anda mengambil kopi dari freezer, jangan meletakkannya kembali. Siklus pembekuan yang membekukan dijamin untuk mengenalkan kelembaban pada kopi.

Jauhkan kopi dari panas sampai Anda menyeduhnya
Meski Anda tidak ingin menyimpan kopi Anda di freezer atau kulkas, Anda memang ingin tetap tenang. Terlalu banyak panas juga akan mempercepat perincian rasa kopi. Jika Anda menyimpan kopi di lemari dapur atau di meja dapur, pastikan tidak dekat kompor atau oven. Demikian juga, hindari lokasi cerah seperti rak di dekat jendela. Waktu untuk menambahkan panas adalah saat Anda menyeduh kopi – bukan sebelumnya.

Hindari dari Cahaya, karena kopi menyukai kegelapan
Biji kopi terlihat indah di dalam tabung gelas. Menampilkan beberapa roasted bean coffee yang berbeda dengan nuansa warna yang berbeda sangat menarik.Sayangnya, cahaya juga merupakan musuh kopi segar. Jadi wadah kaca bukan pilihan penyimpanan kopi yang bagus, kecuali jika anda menyimpan tabung-tabung itu dari pandangan di lemari pantry atau di tempat lain jauh dari cahaya. Opaque containers adalah solusi untuk alat penyimpanan yang jauh lebih baik. Jika anda menyimpan kopi anda dalam Opaque containers, anda dapat menyimpannya di atas meja atau di tempat lainnya yang nyaman tanpa mengkhawatirkan kerusakan dari cahaya.

Tidak mencampurkannya dengan makanan lain yang beraroma tajam
Penyimpanan  kopi sebaiknya di simpan di tempat tersendiri, tidak menyatu dengan tempat penyimpanan stok makanan. Apalagi, jika makanan tersebut memiliki aroma yang begitu tajam, seperti bumbu dapur, karena aroma makanan tersebut dapat mengkontaminasi aroma biji kopi anda.

Untuk menciptakan sajian kopi yang sempurna tidak terpacu pada proses seduhnya saja. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa dengan membeli biji kopi yang berkualitas dan menyimpannya dengan cara yang benar akan menciptakan secangkir kopi yang nikmat.

Jangan lupa isi kembali stok persediaan kopi-kopi Anda dengan membelinya di Coffeeland Indonesia.

Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Malabar SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Toraja Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: coffeecrossroads.com