REKOMENDASI SUSU UNTUK CAMPURAN KOPI SELAIN SUSU SAPI

Source: i.pinimg.com

Menikmati es kopi susu pada siang atau sore hari memang terasa pas. Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat mood Anda lebih baik dan kembali bersemangat setelah bekerja.

Sayangnya, bagi mereka yang laktosa intoleran, kerap kesulitan menemukan menu es kopi susu yang tepat. Sebab, mereka tak bisa lagi mengonsumsi susu sapi yang menjadi campuran dalam minuman ini.

Susu alternatif selain susu sapi semakin diminati pasar. Susu atau lebih tepatnya sari nabati dari kacang-kacangan dan gandum banyak dipilih orang yang intoleransi laktosa dan vegetarian. Dalam artikel ini, kami akan membahas rekomendasi susu selain susu sapi yang bisa Anda pilih untuk campuran kopi.

Oat Milk

Oat milk dapat menjadi alternatif susu sapi terbaik untuk campuran kopi. Oat milk terbuat dari oat, air, dan kadang minyak canola. Hasilnya sangat mengesankan, yaitu berupa susu non-dairy full-bodied yang rasanya sangat bersaing dengan rasa susu sapi.

Banyak orang yang suka dengan oat milk karena mempunyai kandungan serat yang tinggi, sedikit kandungan lemak, dan tinggi protein. Tambahan serat ini juga dapat  membuat pencernaan Anda semakin sehat.

Oat milk memiliki rasa yang creamy yang mirip dengan susu full-fat. Teksturnya sangat lembut dan tidak mengganggu Anda saat menyeruput kopi.

Pertanyaannya, apakah out milk dapat menghasilkan foam pada Kopi? Oat milk dapat menghasilkan foam. Ukuran foamnya bahkan lebih besar dari susu sapi karena kandungan proteinnya lebih rendah. Tapi oat milk membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan foam dibandingkan dengan susu sapi. Itu artinya, oat milk masih bisa menghasilkan foam yang cukup untuk menciptakan latte art.

Soy Milk

Sebagian besar coffee shop terbiasa untuk menggunakan soy milk / susu kedelai untuk pengganti susu sapi sebagai campuran kopi. Susu kedelai memang lebih mudah didapatkan dan harganya pun jauh lebih murah. Itulah kenapa banyak pemilik restoran yang memilih untuk menggunakan susu kedelai.

Namun perlu diingat, ada beberapa jenis susu kedelai yang menggumpal dalam kopi karena bereaksi pada kandungan asam di dalam kopi atau karena terkena suhu panas. Susu kedelai yang tidak mengandung bahan pengawet jauh lebih aman digunakan. Jika Anda berpikir kalau suhu panas yang membuat susu kedelai menggumpal, Anda bisa menuang soy milk secara perlahan ke dalam minuman kopi Anda.

Soy milk punya tekstur yang lembut dan creamy dengan rasa yang cukup netral. Karakter soy milk yang cukup mirip dengan susu sapi dapat menghasilkan foam yang sangat mirip dengan susu sapi.

Almond Milk

Almond milk adalah salah satu jenis susu berbahan dasar kacang yang paling populer digunakan untuk minuman kopi. Biasanya almond milk tersedia dalam beberapa rasa, namun ada juga almond milk yang tidak menggunkan penambah rasa.

Sayangnya, almond milk dapat mengental di dalam kopi jika bereaksi dengan suhu panas atau keasaman pada kopi. Untuk mengatasinya, Anda bisa tidak menuangkan susu almond dingin ke dalam kopi panas secara langsung.

Almond milk punya rasa yang nutty dan kadang terasa pahit. Anda bisa memilih almond milk dengan pemanis agar rasanya lebih lembut saat dicampur kedalam minuman kopi.

Anda bisa menciptakan foam dengan almond milk, tapi biasanya tekstur almond milk akan terpisah-pisah saat dipanaskan. Penampilan latte art yang dihasilkan almond milk mungkin terlihat bagus, tapi biasanya di bagian bawahnya lebih watery.

Rice Milk

Rice milk mungkin belum terlalu banyak ditemukan di Indonesia, tapi jenis susu ini juga sering dicari para pecinta kopi yang menderita alergi susu atau intoleransi laktosa. Rice milk menjadi pilihan terbaik untuk kasus hypoallergenic.

Rice milk memiliki cita rasa yang cenderung netral, sehingga dapat menghasilkan cita rasa minuman kopi nikmat. Namun, karena teksturnya yang tipis dan watery campuran kopi dan rice milk ini tidak menghasilkan tekstur creamy seperti penggunaan susu lainnya, selain itu rice milk juga tidak mengandung protein yang cukup untuk menciptakan foam yang memuaskan.

Cashew Milk

Semakin banyak orang yang mencari cashew milk karena teksturnya yang creamy menyerupai susu sapi. Banyak yang bilang kalau cashew milk yang dibuat secara homemade memiliki rasa dan hasil steaming yang lebih memuaskan. Jika Anda ingin menawarkan pilihan cashew milk untuk minuman kopi Anda, Anda harus mempertimbangkan harganya dan juga pertimbangkan untuk membuat cashew milk sendiri daripada membelinya.

Cashew milk punya rasa yang agak manis dan tidak terlalu nutty dibandingkan jenis susu lain yang berbahan dasar kacang. Foam yang dihasilkan oleh cashew milk saat di-steam cukup besar dan kurang padat. Jadi jika Anda tidak berhati-hati, tekstur foamnya akan telihat seperti sabun.

Coconut Milk

Seperti yang sudah kita ketahui, coconut milk atau yang lebih kita kenal sebagai santan juga sering dijadikan pengganti susu sapi untuk minuman kopi. Rasanya yang unik akan membuat minuman kopi Anda makin terasa mantap.

Kelapa memiliki rasa yang manis dan gurih yang sangat disukai banyak orang. Namun, karena cita rasa dan aroma yang dihasilkan coconut milk / santan sangat kuat sehigga dapat mengalahkan aroma dan cita rasa kopi itu sendiri.

Foam yang dihasilkan coconut milk kurang padat dan ukurannya lebih besar daripada foam susu sapi.

Jika Anda ingin memuaskan pelanggan yang tidak bisa minum susu sapi, ada baiknya jika Anda mencari alternatif susu lain untuk membuat minuman kopi terasa lezat. Setiap pilihan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi pastikan Anda memilih yang cocok untuk selera dan kebutuhan Anda.

 

      

 

Source: nibble.id

Pic Source: i.pinimg.com