TIPS MEMILIH SUSU UNTUK SEDUHAN KOPI BERBASIS ESPRESSO

Di dunia kopi, susu segar yang dipakai juga penting. Setidaknya ada bebera hal yang perlu diperhatikan saat memilih susu untuk campuran kopi
credit by Yuppiechef.com

 

Ada banyak kreasi minuman kopi yang membutuhkan susu sebagai campurannya. Diantaranya seduhan kopi berbasis espresso, seperti cappucino, latte, macchiato, dan mochaccino. Cita rasa kopi menjadi lebih ringan dan mudah diterima oleh orang-orang yang mungkin tidak terlalu menyukai kopi pahit setelah dicampurkan dengan susu. Di dunia kopi, susu segar yang dipakai juga penting. Setidaknya ada bebera hal yang perlu diperhatikan saat memilih susu untuk campuran kopi. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.:

Susu Tinggi Lemak Lebih Baik di Banding Susu Yang Rendah Lemak
Pada dasarnya semua jenis susu bisa saja digunakan untuk cappuccino atau latte, tapi yang tinggi lemak lah yang paling baik untuk membuat latte art, karena foam atau busa yang terbentuk akan lebih banyak dan bertahan lebih lama.Kandungan lemak dalam susu berkaitan dengan rasa malt atau creaminess dari rasa susu setelah dicampurkan dengan kopi. Sementara itu, susu rendah lemak dan susu skim mengandung protein yang lebih tinggi, dapat membentuk foam lebih cepat, namun tidak bisa bertahan lama.

Gunakan Susu dengan Kandungan Proteinnya Yang Tinggi
Kandungan protein berkaitan dengan seberapa tebal bubble atau foam (busa) yang akan dihasilkan susu ketika menjadi campuran kopi. Semakin tinggi kandungan protein, semakin banyak busa yang akan dihasilkan. Sebaliknya, semakin rendah kandungan protein pada susu, semakin sedikit foam yang akan dihasilkan.

Perhatikan Kandungan Karbohidrat Pada Susu
Kandungan karbohidrat dalam susu berkaitan dengan rasa manis yang akan diberikan gula ketika dicampurkan pada susu. Dalam kondisi sebelum dipanaskan, susu memiliki dua jenis gula, yaitu glukosa dan galaktosa. Akan tetapi, setelah dipanaskan, gula yang terkandung di dalam susu akan berubah menjadi sukrosa. Kandungan karbohidrat 3,5 persen dalam susu sudah cukup untuk memberikan rasa manis pada minuman kopi susu. Untuk menjaga rasa manis pada susu, susu tidak boleh dipanaskan hingga suhunya melebihi 60 derajat Celcius. Bila susu dipanaskan lebih dari 60 derajat Celcius, rasa manis pada susu akan hilang dan tertutup oleh lemak dan protein.

Gunakan Susu Non-Dairy Untuk Vegetarian

Susu dari hewani mengandung lebih banyak lemak, sehingga paling baik untuk digunakan untuk membuat cappuccino, latte, atau minuman lainnya yang memerlukan busa atau foam. Namun, bagi anda yang menghindari produk makanan yang berasal dari hewan, pilihan terbaik untuk membuat latte art dari susu non-dairy adalah susu kacang kedelai yang rasa dan teksturnya hampir bisa menyerupai susu dairy.

Gunakan Susu Pasteurisasi daripada  Susu UHT

Ketika anda memutuskan untuk memilih susu dairy, susu mana yang lebih baik, Pasteurized atau UHT? Secara tingkat kesegaran, Pasteurized lebih baik. Memang, UHT mempunyai masa bertahan yang lebih lama, karena untuk membuatnya menggunakan suhu yang sangat tinggi. Namun, untuk membuat latte, kamu perlu memanaskan lagi susu tersebut sampai suhu tertentu, sehingga rasanya tidak seenak Pasteurized. Walaupun demikian, foam yang bisa dihasilkan dari kedua susu ini sama.

Setelah memahami susu yang digunakan lebih dalam lagi, anda bisa membuat sendiri latte di rumah. Selamat mencoba!

 

 

 

  

Source: pergikuliner.com

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783