MEDIUM GRIND SIZE: UKURAN GILINGAN UNTUK SEDUHAN POUR OVER

 

Bagi penggemar berat kopi, mengontrol seluruh aspek penyeduhan untuk memastikan kopi mencapai cita rasa terbaiknya adalah hal yang wajib dilakukan. Dan salah satu aspek terpenting dalam penyeduhan kopi adalah grind size.

Jika pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai gilingan kasar / coarse grindsize, saat ini kami akan membahas mengenai medium grind size atau yang lebih kita kedan dengan ukuran gilingan medium.

Ukuran medium grind / gilingan sedang ini sama seperti dengan garam dapur/meja. Medium grind size sering juga disebut dengan pour over grind. Sesuai dengan nama sebutannya, grind size ini cocok untuk digunakan dengan metode pour over seperti Hario V60 ataupun Kalita Wave.

Cara seduh Kopi Menggunakan Metode Pour Over:

  • Pertama-tama letakkan alat seduh/driper di atas coffee server. Setelah itu, siapkan timbangan digital.
  • Masukan paper filter kedalam server lalu bilas dengan menggunakan air panas. Pastikan seluruh bagian filter tersiram air untuk menghilangkan residu yang terkandung di dalam kertas. Lalu buang air bilasannya.
  • Simpan server di atas timbangan (coffee scale).
  • Tuangkan 15 gr kopi yang sudah digiling dengan grind size medium ke dalam paper filter, ratakan.
  • Tuangkan 40-50 gr air panas selama 9-10 detik dengan gerakan memutar. Lalu tunggu selama 35 detik.
  • Setelah 35 detik, tuangan kedua sebesar 70 gr dengan waktu selama 15 detik. Lalu tuang kembali 40 gr air panas dengan waktu 10 detik, Tunggu kembali selama 20 detik.
  • Selanjutnya tuangkan berikutnya sampai seberat 90-100 gr air panas dengan waktu 60 detik biasanya total waktu untuk menyeduh dengan metode ini sekitar 2 menit 10 detik.
  • Langkah terakhir, flushing gelas yang akan digunakan.
  • Seduhan kopi siap disajikan

MAU BIKIN SEDUHAN SINGLE ORIGIN NUSANTARA DIRUMAH?

Coffeeland Indonesia tempatnya! Kami menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Teredia dalam kemasa250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: ottencoffee.co.id