TIPS MEMERAWAT FRENCH PRESS

French Press dikenal sebagai salah satu cara seduh kopi yang menjadi favorit banyak orang. Cara seduh ini disukai karena mudah dan hasil seduhanyapun nikmat. Tapi satu hal yang sering menjadi masalah, seringkali alat French Press sulit untuk dibersihkan dan menimbulkan noda kopi yang sulit dihilangkan. Pada kesempatan kali ini kami inginmembagikan beberapa tips untuk merawat french press.

Buang ampas kopi sesaat setelah digunakan

Setelah seduh, langsung singkirkan ampas kopi dari dasar french press. Ampas yang dibiarkan mengendap di sana akan mudah tersangkut pada filter di plunger french press. Lubang-lubang kecil akan tersumbat oleh ampas dan jika sudah begini akan sulit dibersihkan dan menganggu hasil seduh kopimu berikutnya.

Yang perlu Anda lakukan untuk membuang sisa ampas kopi dalam french press adalah dengan mengisi french press dengan air untuk membuat semua sisa ampas terlepas dari dasarnya. Kemudian, tuangkan isinya ke dalam saringan  halus. Hanya dengan cara itu ampas yang tersisa dalam french press bisa keluar. Kemudian aduk saringan dan bilas sambil mengeluarkan airnya.

Bersihkan noda bekas kopi dengan baking soda

Noda kopi yang tertinggal di dinding french press, pastinya akan menggangu pemandangan dan french press Anda akan terihat kusam / kotor. Untuk menyingkirkan noda ini, Anda dapat mencuci french press dengan air mengalir. Lalu siapkan wadah yang di dalamnya terdapat air panas, baking soda dan jeruk nipis. Rendam seluruh bagian french press kurang lebih 1 jam. Noda pada french press akan sirna seketika. Setelah itu jangan lupa dibilas kembali dengan air mengalir.

Simpan french press dalam keadaan kering

Pastikan tidak menyimpan french press sepaket dengan plunger-nya saat keadaannya masih lembab. Hal ini akan merusah bagian french press dan juga bisa mengundang bakteri. Keringkan french press dengan cara diangin-anginkan hingga benar-benar kering. Setelah itu Anda dapat menyimpan alat french press ini di tempat yang kering dan bebas dari paparan cahaya matahari yang berlebih. 

French press adalah salah satu alat seduh yang simple dan bisa untuk menyeduh varian kopi favorit Anda dirumah. Untuk pembelian produk berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Flores Specialty,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,  Arabika Bali Kintamani Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

 

  

 

 

 

Source: majalah.ottencoffee.co.id