DAMPAK TANAMAN KOPI BAGI LINGKUNGAN

Source: 3.bp.blogspot.com

Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbaik dunia. Hal ini tentunya didukung oleh kondisi geograrfis alamnya, tak heran jika Indonesia menduduki peringkat ke-4 negara pengekspor kopi terbesar didunia. Perkebunan kopi di Tanah Air sangat luas. Oleh karena itu, tanaman kopi pastinya akan membawa dampak terhadap lingkungan sekitar. 

Tanaman kopi dapat mendukung keanekaragaman hayati. Karena pohon kopi kebanyakan ditanam dengan metode agroforestri atau dapat dikatakan ditanam bersama pohon-pohon lain. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, tanaman kopi membutuhkan pohon yang lebih besar / pohon pelindung untuk menaunginya. Pohon-pohon besar inilah yang akan jadi habitat untuk burung, serangga, dan binatang hutan lainnya. Di saat yang sama, pohon-pohon ini jugalah yang menghindarkan hutan dari erosi dan kehilangan zat hara.

Jika kopi yang selama ini kita konsumsi dihasilkan dari hutan, maka secara otomatis kita telah mendukung hutan agar tetap alami. Semakin banyak tahu tentang kopi, semakin kita bisa memilih produk mana yang baik. Sebuah langkah kecil untuk ikut menyelamatkan lingkungan.

Untuk mencicipi kopi nusantara yang berkulitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App

 

  

 

Source: imasndra.com

Leave a Reply