MELIRIK BISNIS ES KOPI SUSU

Bisnis minuman es kopi susu semakin banyak peminatnya, selain hasilnya lumayan menjanjikan, modal untuk membuat es kopi susu juga terdiri dari bahan – bahan yang sederhana. Berbeda dengan gerai kopi yang sudah komersil, harga es kopi susu juga lebih terjangkau. Kira-kira apakah bisnis es kopi ini akan tetap booming di tahun ini? Tren bisnis kopi sangat sejalan dengan tren di kalangan anak millennial yang mendadak menjadi penyuka kopi dan seolah nggak bisa melewatkan hari tanpa ngopi. Bahkan, nongkrong di kedai kopi merupakan sebuah tempat yang kekinian bagi mereka.

Kedai kopinya didekorasi sedemikian rupa menjadi tempat yang Instagramable dan nyaman untuk mengobrol. Tersedia  juga koneksi internet kencang untuk mengerjakan tugas kuliah. Hingga kini para pengunjung kedai kopi dan para penikmat kopi terus meningkat tiap tahunnya. Namun sebelum memutuskan untuk menjajal bisnis es kopi susu, ada baiknya anda mengetahui sejarah bagaimana dapat terciptanya kopi susu.

Menurut buku karya William H. Ukers yang berjudul All About Coffee, kopi susu dibuat pertama kali oleh duta besar Belanda pada 1660. Kemudian setelah itu digunakan oleh tenaga medis dan dokter asal Perancis sebagai salah satu media pengobatan beberapa penyakit tertentu. Sementara itu sumber lain menyebutkan apabila kopi susu berasal dari daerah Rhode Island, Amerika Serikat dan diperkenalkan sekitar tahun 1930-an. Resep kopi susu sendiri dibuat oleh pemilik restoran dan juga toko obat yang ingin membuat dagangannya lebih laris sehingga memberikan sebuah minuman baru yang inovatif.

Cara pembuatannya tidak terlalu sulit karena hanya mencampurkan kopi murni dengan susu sapi asli. Kemudian bisa ditambahkan gula pasir, coklat cair, ataupun ceramer. Minuman tersebut seringkali disajikan dalam keadaan panas atau bahkan es kopi susu supaya lebih segar dan nikmat.

Es kopi susu dengan berbagai varian rasa dan variasi topping, mewarnai pilihan para penggemar kopi pemula atau orang yang hanya sekedar ingin melepas dahaga.

Kemudahan dalam menentukan pilihan dan rasa yang sudah familiar menjadikan es kopi susu adalah minuman yang laris manis karena saat ini tidak hanya mengunjungi langsung kedai kopinya, anda juga bisa memesan es kopi susu dengan layanan pesan antar melalui layanan ojek online.

Apakah anda ingin mengeluti usaha kopi yang menggiurkan? Peluang berbisnis kopi akan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin terjun langsung di bisnis tersebut.  Lalu bagaimana cara memulai atau membuka bisnis es kopi ? Kali ini kami akan memberikan sedikit tips, untuk memulai bisnis ini:

  1. Menentukan Konsep

Unsur yang paling menjual selain rasa sebenarnya terletak pada konsep suatu brand. Bila perlu ciptakan sendiri menu signature yang tidak dipunyai kedai kopi lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir “kalah saing”, karena preferensi tiap konsumen yang otomatis terbentuk karena konsep yang sudah anda buat.

  1. Menentukan Target Konsumen

Menentukan target konsumen adalah hal yang wajib dilakukan setiap pelaku usaha ketika akan memulai bisnisnya. Anda harus dapat tahu siapa yang nantinya menjadi customer utama bisinis es kopi susu milik anda, termasuk golongan apakah mereka? Pelajar, karyawan, atau para pecinta kopi, dan yang paling penting adalah bagaimana pandangan customer terhadap produk yang anda buat. Mempelajari sikap customer dapat membantu merancang teknik berikutnya. Misalnya lokasi yang cocok, desain kode yang sesuai, dan tarif yang sesuai untuk kopi anda.

  1. Menentukan Lokasi Usaha

Dalam strategi pemasaran, pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu faktor utama yang sangat mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Semakin strategis, maka semakin tinggi pula tingkat penjualannya. Lokasi merupakan ujung tombak dalam hidup matinya bisnis anda. Contohnya saja anda mau menggunakan ide warung kopi sederhana, maka anda harus menemukan tempat yang selalu berdekatan dengan orang-orang ramai yang gampang dijumpai. Begitu juga jika anda akan mengonsep usaha kopi dengan cafe. Hal ini akan sangat menolong jika tempat yang anda temui adalah lokasi yang bersinggungan dengan universitas, swalayan, sekolah, kantor, dan lain-lain.

  1. Memilih Supplier

Hal ini merupakan hal penting, yang sering dianggap sepele. Jika anda menjual kopi untuk target konsumen kelas menengah ke bawah. Anda tak perlu pusing mencari supplier, di pasar ramai pebisnis kopi dari instan ataupun tidak. Beda halnya kalau sasaran anda kelas menengah ke atas. Bila anda ingin omzet jutaan perhari, anda wajib menarget konsumen ini. Mereka bersedia membayar mahal, oleh sebab itu mereka layak menikmati kopi terlezat yang pernah ada.

  1. Memberikan Service yang Berkualitas

Selalu menyuguhkan servis yang segar dan menyenangkan akan menjadi sebuah keunggulan yang bisa saja sulit didapatkan oleh pembeli dari bisnis kopi lainnya, karena hal tersebut akan membuat feed back yang luar biasa dari para pembeli. Dengan pelayanan yang berkualitas dan sopan, anda juga wajib menilai kebersihan dari tempat yang anda pakai untuk bisnis kopi tersebut.

  1. Metode Marketing

Membuka suatu bisnis yang tak main-main, siapkan modal sebijak mungkin. Bila Anda memiliki modal, uang tersebut bisa Anda gunakan untuk menyewa tempat usaha, membeli beberapa kebutuhan utama seperti mesin penyeduh kopi, grinder, saringan, alat saji, dan bahan baku selama satu bulan beroperasi. Dari jumlah modal tersebut anda dapat menentukan harga 1 porsi es kopi susu yang akan anda jual.

Berkeinginan untuk menjajal usaha es kopis susu dengan brand dan konsep sendiri? Ayo jangan menunda lagi untuk terjun dalam usaha ini. Anda bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1.

Leave a Reply