MEMBEKUKAN BIJI KOPI AGAR TAHAN LAMA

 

Source: i.pinimg.com

Mungkin Anda pernah memiliki stock kopi yang berlebih dan bingung bangaimana menyimpannya agar cita rasa dan kesegaran dari biji kopi tesebut terjaga. Beberapa teori melarang menyimpan biji kopi di kulkas karena akan membuat biji kopi rusak akibat terlalu lembab. Namun sebuah artikel di blog milik Michael Cameron (Barista Hustle) menuai banyak kontroversi, ia berkesimpulan bahwa biji kopi yang dibekukan akan mampu mempertahankan rasanya bahkan selama lebih dari 6 bulan setelah biji kopi tersebut diroasting.

Sebuah makalah sains yang ditulis oleh Christopher Hendon menerangkan bahwa, temperatur biji kopi yang beku menyebabkan persebaran fines (serpihan-serpihan biji kopi yang terkecil) menjadi lebih menyempit. Selain itu kondisi biji yang beku tidak terpengaruh oleh perubahan temperatur burr pada grinder, sehingga kopi yang dihasilkan juga lebih konsisten.

Cara penyimpanan biji kopi yang dibekukan tentunya tidak bisa langsung menaruhnya di dalam frezzer, namun Anda harus memasukan biji kopi tersebut kedalam plastik dan di vacuum agar tidak ada udara yang tertinggal sebelum dimasukan kedalam frezzer.

Jika Anda ingin mencobanya dirumah, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah plastik food grade dan mesin vacuum seal. Apabila biji kopinya baru saja di roasting berikan waktu untuk resting sekitar 7-10 hari setelah tanggal roasting. Setelah itu pindahkan dari packaging aslinya dan masukkan ke plastik food grade kemudian vacuum hingga tidak ada oksigen tersisa lalu masukkan ke dalam freezer.

Setelah dibekukan didalam frezzer biji kopi harus segera digiling dalam keadaan beku, agar biji kopi tidak terkena udara dan menghindari kopi tersentuh air karena berembun ataupun lembab.

Jadi jika Anda memiliki stock biji kopi berlebih, Anda bisa mencoba metode tersebut, Atau Anda juga bisa membagikan stock biji kopi Anda ke teman-teman terdekat untuk dapat dinikmati dirumah masing-masing.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

 

Source: gordi.id

featured image: i.pinimg.com