MEMILIH MILK JUG YANG TEPAT UNTUK SAJIAN LATTE ART

 

 

Café latte identik dengan latte art, kita selalu dibuat takjub saat barista beraksi membuatnya di coffee bar. Tapi tahukah Anda membuat latte art juga diperlukan keterampilan khusus dan equipment yang sesuai agar latte art dapat dibentuk dengan sempurna

Memang benar keberhasilan untuk menciptakan art pada permukaan latte harus memperhatikan susu yang disteam, jika susu yang disteam kurang optimal maka latte art akan berantakan. Namun equipment yang digunakan juga harus dipertimbangkan. Jadi sangat penting mencari tau bagaimana memilih milk jug yang sesuai untuk sajian latte art. Beberapa tips ini mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan milk jug yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Bentuk dan Ukuran Milk Jug

Banyak milk jug yang diproduksi sesuai kenyamanan barista dan kebutuhan, nah cobalah mempertimbangkan bentuk dan ukurannya. Yang paling jelas terlihat ada dua jenis milk jug, yang satu berbentuk lurus, dan satunya lagi ada yang bentuknya seperti lonceng pada bagian bawahnya. Bentuk dan ukuran ini memegang peranan ketika susu dijadikan buih. Cobalah keduanya, mana yang nyaman menurut Anda.

  • Ujung Corong Milk Jug

Bagian ini yang terpenting, jika dalam melukis menggunakan kuas, maka ujung kuasnya adalah corong milk jug. Untuk membentuk rosetta, gambar hati, atau gambar lainnya, corong ini sangat berperan mengatur susu yang dituangkan. untuk memilih bagaimana corong milk jug yang sesuai, cobalah pertimbangkan kedalaman corongnya, sudut dan juga lebar corongnya.

  • Ketebalan Bahan Dasar Milk Jug

Semua milk jug dibuat dengan bahan stainless steel, dan ini merupakan milk jug yang baik tapi bagaimana dengan ketebalannya? Berbeda merek milk jug, pasti mempunyai perbedaan dari segi ketebalan bahan. Jika terlalu tipis, bisa dipastikan milk jug tidak mampu memadatkan foam ketika milk jug dihentak.

  • Desain Milk Jug

Menggunakan milk jug yang unik mungkin akan menambah daya tarik pengunjung, namun jika desain yang unik ini dapat mengganggu hasil frothing sangat disayangkan. Banyak milk jug yang didesain dan diberikan warna yang classy bahkan menyesuaikan dengan warna mesin espresso, namun pastikan hal ini tidak mengganggu ketika menciptakan foam susu.

Milk jug memiliki berbagai desain yang disesuaikan dengan peruntukannya, misalnya untuk membuat steam milk atau latte art. Material milk jug pun beragam, seperti stainless steel,, keramik yang tahan panas, dan kaca yang transparan. 

Jadi, apakah sudah memiliki bayangan milk jug seperti apa yang ingin Anda beli?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: ottencoffee.co.id