MENGENAL KREMA PADA ESPRESSO

Pernah melihat buih warna kecoklatan diatas kopi sesaat setelah diseduh? Buih tersebut adalah krema. Krema muncul secara alami karena ada gelembung-gelembung yang terperangkap saat proses penyeduhan kopi. Bukan pada sembarang kopi, krema hanya ada pada penyeduhan espresso. Krema sangat mempengaruhi cita rasa pada espresso, dimana espresso dengan krema memiliki tekstur yang lembut dan kental.

Krema yang baik terdapat gelembung kecil yang terdiri dari gula, minyak dan protein. warna tekstur pada krema yang baik cenderung berwarna coklat tua keemasan dengan tekstur busa yang halus. Penggunaan beens kopi dengan jenis Arabika dan Robusta untuk membuat espresso akan memberikan hasil krema yang lebih baik. Untuk mengetahui krema ada bagus atau tidak, anda bisa memiringkan cangkir espresso anda ke sudut 45 derajat. Ketika cangkir diatur sesuai posisi awal, krema yang baik akan membentuk kembali menjadi lapisan. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi hasil askhir kualitas krema. simak selengkapnya dibawah ini:

  1. Hanya menggunakan biji kopi yang masih segar

Penggunaan biji kopi yang masih segar menjadi faktor penting untuk menghasilkan krema yang baik. Semakin segar biji kopi anda, semakin baik krema yang akan anda dapatkan.

  1. Pastikan menggunakan mesin espresso terbaikmu

Faktor terpenting selanjutnya adalah penggunaan mesin kopi untuk proses pembuatan espresso, yang nantinya mempengaruhi krema yang akan didapat. Gunakan mesin kopi yang dengan suhu yang sesuai dan kebutuhan tekanan yang memadai untuk hasil akhir krema. Pastikan selalu menjaga kebersihan mesin kopi anda, mesin kopi yang kotor akan menghambat hasil akhir dari krema.

  1. Lakukan proses tamping

Memadatkan kopi (tamping) dengan baik dan benar, mempengaruhi banyak sedikitnya espresso dan krema yang dihasilkan. Jadi saat dalam proses tamping, perhatikanlah dalam menekan bubuk kopi, pastikan permukaan bubuk kopi yang telah ditamping sama rata.

  1. Perhatikan jenis grind size pada kopi

Ada beberapa jenis grind size pada kopi, tergantung dari metode seduh yang akan dilakukan. semakin halus skala gilingan kopinya maka semakin banyak kopi yang terekstraksi karena tingginya intensitas air yang mengalir di sela-sela partikel kopi. Hal ini berdampak pada banyaknya kualitas kopi dan krema yang dihasilkan. Begitupun sebaliknya.

  1. Gunakan air yang fresh

Air adalah hal yang paling penting didalam secangkir kopi, 98-99% pada secangkir kopi adalah air, nah jika kita tidak teliti dalam penggunaan air maka yang akan terjadi adalah rusaknya rasa kopi dan kualitas krema yang telah kita seduh, Pastikan selalu menggunakan air yang masih fresh, yang tidak berbau dan berwarna.

Terkait kopi dan peralatan seduh, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Coffeeland Indonesia juga menyediakan mesin espressogrinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian grinder dan mesin kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whats App.

 @coffeeland.indonesia      coffeeland indonesia

Source: beandground.com

Leave a Reply

WhatsApp chat