WAKTU TERBAIK MEMINUM KOPI SAAT BULAN PUASA

Sudah rahasia umum kafein adalah zat di dalam kopi yang membuat seseorang bisa tetap terjaga. Kopi merupakan senyawa alkaloid, bersifat pahit dan bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif serta diuretik ringan. Banyak orang kecanduan kopi karena popularitasnya berefek pada sistem saraf, termasuk meningkatkan pelepasan dopamin. Zat ini berinteraksi pada hormon kortisol dan meningkatkan sekresi pada orang yang beristirahat atau mengalami stres mental. Interaksi kafein dan kortisol akan membantu meregulasi jam internal tubuh serta meningkatkan kewaspadaan. Kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan memengaruhi berbagai organ seperti jantung, sistem saraf pusat, ginjal, dan kondisi kehamilan. Di saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol sebagai bentuk kompensasi. Hormon ini membantu mengubah cadangan energi menjadi gula, sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai bahan bakar. Secara alami, hormon kortisol dalam tubuh normalnya berada pada titik yang tinggi sesaat setelah bangun tidur.
Puncaknya terjadi beberapa kali dalam sehari, yakni sekitar pukul 8–9 pagi, pukul 12–13 siang, dan terakhir pada pukul 18–19 sore. Dan Steven Miller, Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya atau setelah pukul 9 pagi. Namun bagaimana cara menyiasati waktu minum kopi pada saat bulan puasa?
Dokter spesialis gizi klinik Jovita Amelia mengungkapkan pendapatnya mengenai kopi, menurutnya memiliki efek diuretik, di mana membuat orang yang mengonsumsinya akan lebih banyak buang air kecil.
Kondisi tersebut jika tidak diimbangi dengan mengasup air yang cukup setelahnya akan berimbas pada kondisi dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi ketika sahur.
Anda dapat mengkonsumsi kopi ketika waktu berbuka, namun dengan catatan harus diimbangi dengan makanan yang baik untuk pencernaan. Dan jika anda ingin mengkonsumsi kopi saat berbuka puasa, sebaiknya diberikan dijeda sekitar 10 – 15 menit dengan mengkonsumsi makanan manis terlebih dahulu sebelum meminum kopi.
Jika anda tidak ingin waktu istirahat menjadi kurang karena minum kopi terlalu malam? Decaf coffee atau kopi tanpa kafein bisa jadi pilihan kalau tidak ingin tidur terganggu. Kopi murni dengan kafein juga boleh saja diminum ketika ingin terjaga lebih lama. Misalnya untuk itikaf di masjid dan tadarus Alquran atau lembur menyelesaikan pekerjaan.
Decaf coffee dan berbagai macam kopi dengan variasi kadar kafein dan keasaman banyak dijual di kafe-kafe modern. Decaf coffee bisa ditemukan juga di pasaran dalam bentuk kemasan. Sebaliknya, warung kopi tradisional kebanyakan menjual kopi murni dengan kadar kafein yang cukup tinggi.

Source: 1, 2.

Leave a Reply