PROSES CARBONIC MACERATION PADA KOPI

 

 Ada banyak sekali pembahasan mengenai proses pasca panen kopi, mulai dari proses paca panen biasa hingga ke yang sifatnya eksperimental. Proses pasca panen, adalah hal yang sangat penting, karena karakter dan cita rasa kopi dipengaruhi dari proses pasca panennya.

Proses pasca panen yang sedang populer saat ini adalah proses carbonic maceration. Proses carbonic maceration dikenal sebagai proses pascapanen yang biasa digunakan dalam pembuatan wine, dan saat ini banyak sekali di terapkan  dalam pengolahan biji kopi. Metode fermentasi ini dilakukan dengan cara menempatkan ceri kopi utuh dalam tong stainless steel dan membiarkannya ceri itu disimpan di lingkungan yang kaya karbon dioksida.

 

Proses Carbonic Maceration Pada Kopi

Pada proses ini, ceri kopi dipetik dengan sempurna, Lalu, disortir secara manual dan dituangkan ke dalam wadah atau tangki yang berbahan stainless steel untuk memisahkan antara ceri kopi yang sudah matang dan yang belum matang.

Ceri kopi yang sudah diseleksi, kemudian dikupas sebelum dimasukkan ke dalam wadah yang sudah dikontrol dengan suhu dan kelembabannya sekitar 24˚C dengan karbondioksida. Untuk menghilangkan kadar oksigen dari wadah. Setelah itu, biji kopi yang sudah dipindahkan ke dalam wadah dan difermentasikan, kemudian dikeringkan di ‘African Beds Coffee’ selama 12 hingga 18 hari sebelum penggilingan kering.

Fermentasi yang kaya akan karbondioksida menyebabkan petani dapat mengontrol ragi dan bakteri yang aktif selama fermentasi berlangsung. Hal ini akhirnya akan mampu mengembangkan cita rasa kopi tanpa memberikan risiko oksidasi berlebih.

Biji kopi yang diproses dengan metode Carbonic Maceration ini dapat memberikan pengalaman baru yang tidak biasa ditemukan pada rasa dan aroma kopi biasanya.

Terlepas dari proses pengolahannya, Anda bisa mendapatkan biji kopi berkualitas yang terjamin kesegaranya!  Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Toraja SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. 

Caranya, Anda bisa langsung memesan untuk mendapatkan biji kopi nusantara berkualitas sesuai dengan selera Anda dapat menghubungi Tim Marketing kami via What’s App atau melaui E-commerce kami.

 

 

  

 

 

 

Source: gordi.id

Featured image: i.pinimg.com