3 ROASTING LEVEL YANG WAJIB DIKETAHUI

Ada 3 hal yang mempengaruhi karakteristik kopi yang akan kita nikmati diantaranya, kualitas biji kopi, metode seduh dan level roasting. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai roasting, umumnya roasting kopi dibagi dalam 3 jenis yaitu Light Roast, Medium Roast dan Dark Roast.

Level roasting dalam bahasa simplenya adalah tingkat kematangan penyangraian kopi. Apa sih gunanya mengetahui level roasting?

Level roasting menentukan bagaimana karakter rasa dan aroma kopi yang kita seduh. Bagi Anda yang ingin menyeduh kopi sendiri di rumah atau menjadi home brewers, sangat penting untuk mengenal level-level roasting. Dengan begitu, Anda dapat memilih dan menggunakan metode dalam menyeduh biji kopi yng sesuai. Secara umum, level roasting terbagi tiga yakni:

Light Roast

Light roast adalah level dimana biji kopi disangrai pada suhu sekitar 196-205 derajat celcius. Proses penyangraian akan berakhir setelah adanya first crack. Jika terdengar letupan pertama, seperti saat kita membuat pop corn, maka biji kopi akan dikeluarkan dari alat roasting.

Dari segi waktu, tentu saja level ini yang paling singkat masa roastingnya yakni berkisar antara 9 menit. Biji kopi yang disangrai dengan level light roast bisa dikenali dari warnanya yang coklat muda atau agak-agak kekuningan. Karakter rasa dari biji kopi light roast jika diseduh akan mengeluarkan tingkat keasaman yang tinggi dan beraroma seperti buah-buahan.

Biasanya, biji kopi light roast digunakan untuk menyeduh kopi dengan metode pour over seperti menggunakan V60.

Medium Roast

Level roasting kedua adalah medium roast. Pada tingkatan ini, green bean disangrai pada suhu berkisar antara 210 sampai 219 derajat. Waktu roasting pada level ini berkisar antara 14 sampai 16 menit. Green bean kopi akan disangrai hingga melewati letupan pertama (first crack) namun tidak sampai terdengar letupan kedua (second crack).

Biji kopi yang disangrai pada level medium bisa dikenali dari warnanya yang coklat hingga coklat agak gelap. Karakter rasa dari biji kopi medium roast adalah seimbang dalam arti tidak terlalu asam, dan menghasilkan aroma kopi yang lebih dibandingkan dengan light roast, dan terasa lebih manis saat diseduh.

Level medium roast juga biasa disebut dengan nama city roast. Level roasting jenis ini cocok untuk diseduh dengan menggunakan berbagai macam metode dan alat seduh. Selain itu, level roasting ini lebih ‘aman’. Karena, note-note rasa bisa dengan mudah kita dapatkan jika menyeduh dengan menggunakan biji kopi dengan level roasting ini.

Dark Roast

Level roasting ketiga adalah dark roast. Pada tingkatan ini, green bean disangrai dengan suhu mencapai 225 derajat celcius ke atas. Waktu penyangraian paling lama bisa mencapai hingga 30 menit. Biasanya proses penyangraian level ini akan berakhir jika sudah terdengar dua kali letupan (second crack) dari biji kopi.

Dari namanya, kita bisa dengan mudah mengenai biji kopi yang disangrai dengan level dark roast yakni coklat kehitaman hingga hitam, dan permukaan biji kopi biasanya seperti berminyak. Karakter rasa biji kopi yang disangrai hingga level dark roast umumnya terasa lebih pahit atau berbody tebal jika diseduh, dan terasa aroma ‘smoky’ karena lamanya penyangraian serta panasnya suhu yang digunakan.

Bagaimana tingkat keasaman dan note rasa lain dari dark roast? tingkat keasaman dan note rasa lain dari biji kopi yang disangrai pada level ini sangat rendah bahkan hilang sama sekali. Dark roast cocok digunakan untuk diseduh menggunakan mesin espresso atau untuk kopi tubruk dan kopi-kopi kekinian.

Lengkapi kebutuhan kopi Anda hanya di Coffeeland Indonesia. Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

Source: mlipir.republika.co.id