MANFAATKAN PAPER FILTER BEKAS SEDUHANMU UNTUK TANAMAN YUK!

Hai Brewers! Paper filter atau penyaring kertas hanya bisa digunakan satu kali. Dan untuk menggalakkan gerakan zero wasting, yuk manfaatkan paper filter kembali untuk tanaman di rumahmu. Lalu apa manfaat paper filter pada tanamanmu? Simak jawabannya disini yuk!

  1. Sebagai penyaring yang menghalau tanah

Biasanya jika kamu menanam tanaman di dalam pot, saat kamu menyiram tanaman tersebut maka tanah akan ikut turun membasahi dasar pot. Dengan meletakkan paper filter bekas di antara tanah dan lubang pot akan mengurangi kerepotan itu. Dan kadang-kadang tanah yang terkena air bisa menyumbat lubang pot dan mengakibatkan air sulit mengalir dan akar bisa menjadi busuk. Untuk menanggulanginya, letakkan paper filter dan air bisa mengalir bebas.

  1. Memberi ruang pada tanah

Paper filter memberi ruang lebih untuk tanah karena jika menggunakan kerikil, biasanya ruang akan sedikit lebih sempit karena dihabiskan untuk meletakkan kerikil di dalam pot. Sedangkan tanaman membutuhkan tanah yang banyak agar akar tetap sehat. Dengan adanya paper filter kamu tak lagi perlu menambahkan kerikil yang akan hanya mempersempit ruang di dalam potmu.

  1. Menyerap air dengan baik

Karena paper filter mampu menyerap air dengan sangat baik, maka dia juga mampu mempertahankan kelembaban pada tanaman. Sehingga saat tanaman tidak disiram bagian dasar tanaman akan tetap lembab untuk kurun waktu tertentu. Hal ini yang mungkin tidak bisa dilakukan benda-benda seperti kerikil yang biasa berada di dasar pot tanamanm.

  1. mengurangi tanah berantakan

Ada masa ketika kamu harus memindahkan tanaman ke pot lain atau hal-hal lain sebagainya. Dengan adanya paper filter, kamu tidak perlu repot dan khawatir tanah pada akar akan tumpah dan berantakan. Paper filter menampung tanah sehingga membuatnya tidak jatuh dan berserakan kemana-mana.

Mulai dari sekarang stop membuang paper filter, cobalah manfaatkan paper filter bekas seduhan untuk tanamanmu. selamat mencoba!

Terkait pemesanan kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120gr, 250gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

  

 

Source: thekitchn.com

Leave a Reply