BREW RATIO UNTUK ESPRESSO

Padatnya rutinitas setiap hari sering kali membuat orang terburu-buru. Di tengah kondisi seperti ini setiap orang pun perlu untuk tetap fokus agar hasil pekerjaan tetap maksimal. Tidak jarang dari mereka menjadikan kopi espresso sebagai penyelamat.

Jika dalam membuat kopi pour over menggunakan dripper ada 3 fase, dimana fase tersebutlah kopi mulai menampilkan profil rasa yang dimiliki. Espresso tidak ada fase khusus, yang ada adalah sebuah teori untuk menciptakan espresso yang nikmat. Brew ratio, brew time, dan brew temperature, mengacu pada hal ini memudahkan kamu menyajikan espresso yang nikmat.

Brew Ratio untuk espresso adalah 1:1 – 1:3, atau Berbeda dengan rasio untuk menyajikan kopi pada umumnya, seperti yang kita ketahui rasio umum The Golden Brew Ratio adalah 1:18. Rasio dalam menyajikan espresso pada skala 1:1 , 1:2, atau 1:3, namun rasio manakah yang sesuai? Tergantung selera rasa dan juga single origin tertentu.

Brew Time 25-35 / Lamanya waktu dalam satu shot single espresso juga menentukan seberapa kuat rasa espresso. Brew time berkaitan dengan air yang mengaliri biji kopi, logikanya semakin kasar ground beans aliran air semakin cepat, semakin halus gilingan ground beans aliran air semakin lama dan punya karakter yang kuat.

Brew Temperature 195-203 F / Air panas yang di-shot lebih optimal mengeluarkan karakter espresso pada suhu air 195-203 F/91-95 Celsius. Sebagai saran untuk biji kopi darker roaster menggunakan rasio 1:1 dengan suhu 91-92 Celsius sebaliknya, 1:3 menggunakan suhu 94-95 Celsius untuk lighter roaster.

Espresso nikmat pastinya harus didukung dengan mesin kopi yang sesuai untuk dapat menyesuaikannya. Pada mesin kopi ada beberapa konfigurasi yang memudahkan kamu untuk menyajikan espresso, tidak perlu repot mengukur tingkat suhu air, karena ada konfigurasi suhu air untuk brew ratio, dan beberapa konfigurasi lainnya.

Lengkapi kebutuhan mesin espresso anda hanya di Coffeeland Indonesia, karena di Coffeeland Indonesia Anda akan mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun dan juga layanan aftersale service setelah pembelian mesin.

Jangan lewatkan harga paling terjangkau dari mesin espresso hanya di Coffeeland Indonesia. Untuk pembelian dan pemesanan dapat menghubungi Tim Marketing melalui nomor Whatsapp 087825958155.

 

 

 

Source: ottencoffee.co.id