JENIS-JENIS MESIN ESPRESSO

Salah satu equipment yang wajib dimiliki jika Anda ingin membuka bisnis coffee shop adalah mesin espresso. Segala jenis minuman berbahan dasar espresso dihasilkan dari mesin espresso agar menghasilkan ekstraksi biji kopi yang lebih berkualitas.

Kata espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Berbeda dengan manual brewing yang disajikan melalui proses atau tahapan yang cukup lama, mesin espresso dapat mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi. Adapun tipe/ jenis mesin espresso juga terbagi dalam beragam jenis berdasarkan kebutuhan penggunanya.

Ingin memulai usaha coffee shop dan mencari jenis mesin kopi terbaik? Berikut beberapa mesin espresso yang bisa menjadi pilihan anda tergantung kebutuhannya:

Mesin super-automatic. Semua tugas barista yaitu menggiling, memadatkan dan memanaskan dapat dilakukan oleh mesin tipe ini. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menekan satu tombol dan mesin espresso ini akan membuat kopi sesuai menu yang dipilih. Perbedaan dari mesin super-automatic ada pada fungsional dan opsi programing-nya. Delonghi dan Jura adalah salah satu yang termasuk ke dalam tipe ini.

Mesin automatic atau mesin pod coffee memiliki ciri khas pada penggunaan kapsul untuk membuat kopi. Mesin semacam Dolce Gusto dan Nespresso termasuk ke dalam tipe ini. Mesin tipe ini bisa anda pilih jika anda membuat kopi seperlunya, penggunaannya pun lebih praktis dan keunggulan mesin-mesin tipe ini adalah desainnya yang keren dan bergaya futuristik.

Mesin semi-automatic. Mesin tipe ini disarankan untuk penggemar kopi yang ingin menikmati kopi setiap hari di rumah. Mesin espresso semi-automatic membantu penggunanya untuk menakar kopi dalam takaran yang tepat. Terdapat beberapa fungsional pada mesin tipe semi-automatic diantaranya boiler, portafilter dan sebuah lever untuk menghasilkan ekstraksi. Namun ketika menggunakan mesin tipe ini, anda tetap harus menggiling dan memadatkan (stamp) espresso sebelum mulai mengekstraksi kopi. Ada dua jenis mesin espresso semi-automatic terdiri dari manual control dan programmable doses. Ketika anda menggunakan manual control, anda perlu menghentikan mesinnya jika kopi sudah dituang sesuai kebutuhan, biasanya proses ekstraksinya sekitar 20-30 detik. Sedangkan programmable doses perlu diatur seberapa banyak ml kopi yang kita butuhkan, setelah itu mesin akan berhenti sendiri saat kopi sudah mencapai jumlah yang kita tentukan di awal. Bezzera adalah yang termasuk mesin tipe ini.

Mesin manual. Mesin espresso manual tampak elegan dan klasik. Pengguna memegang kendali penuh dalam pembuatan kopi. Penggunanya harus menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan, juga lamanya ekstraksi. Pada umumnya mesin tipe ini memiliki fitur fungsional yang lebih lengkap seperti boiler, steam pressure gauge, portafilter dan manual lever untuk mengendalikan lamanya ekstraksi espresso secara manual. Anda disarankan memilih mesin ini, jika anda ingin belajar menjadi barista di rumah.

Mesin komersial/professional. Mesin tipe ini besar, garang dan tangguh. Anda dapat memilih mesin tipe ini jika pemakaiannya lebih technical. Para barista berpengalaman dan Coffee Shop besar yang fokus pada kualitas kopinya akan memilih mesin komersial. Selain itu, mesin tipe ini menarik sekitar 40-50 amps daya listrik dalam kapasitas 220 volts. Mesin komersil terdiri lebih dari dua groups, memiliki steam boiler (baik boiler satuan atau terpisah). Variasi mesin-mesin tipe ini adalah Bezzera Arcadia, dan Bezzera B2013.

 

Untuk pemesanan, Coffeeland Indonesia mesin espressogrinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor Whatsapp 087825958155.

 

Source: unsplash.com